Menu

Sampah di Pesisir Pantai kp. Kepu Marunda Bikin Nelayan Susah Cari Ikan

  Dibaca : 60 kali
Sampah di Pesisir Pantai kp. Kepu Marunda Bikin Nelayan Susah Cari Ikan
Jakarta, rakyatbicara.co.id – Tumpukan sampah yang didominasi plastik kemasan di kawasan kp Kepu, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara membuatnya terlihat seperti daratan.
Padahal sejatinya lokasi sampah berada di pantai pesisir kp kepu marunda cilincing
Seorang warga, Iwan (37) mengatakan sampah yang menumpuk di wilayah RT 008/RW 007 Kanal Banjir Timur (KBT) di Marunda itu sudah berlangsung lama.
Saking lamanya, tumpukan sampah Kanal Banjir Timur (KBT) tersebut menjadi daratan akibat bercampur dengan lumpur.
“Dulunya ini (lokasi sampah) dalem, sekarang udah jadi kayak daratan. Bayangin aja, ini kan muara, deket laut, harusnya dalem dong, ini malah jadi daratan,” keluh Iwan, Sabtu (16/01/2021).
Warga yang sudah tujuh tahun tinggal di kawasan tersebut menambahkan, sampah-sampah itu berasal dari laut yang terjebak di pinggir KBT ketika air surut.
Kondisi itu terus berulang hingga akhirnya seperti sekarang ini.
“Jadi kalau lagi pasang, sampahnya kebawa tuh ke tengah (laut). Nanti kalau udah surut, sampe di sini. Begitu aja terus sampe kayak jadi daratan,” katanya.
Warga lainnya, Ujang (45) menambahkan, ada banyak sampah yang berada di laut di dekat Pantai kp. kepu Marunda.
Kondisi itu mengakibatkan wilayah pesisir ditumpukin sampah dalam jumlah yang banyak. Selain itu sampah-sampah tersebut juga dikarenakan terbawa aliran air yang berada di KBT.
Menurutnya, ada kali yang tidak dijaga sehingga sampah tersebut lolos ke KBT dan menumpuk di muara.
Ada kali deket sini yang nggak dijaga, nggak ketutup. Jadi, sampahnya lolos dan kayak begini sekarang kejadiannya,” katanya. (wbo).
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional