Menu

Serah Terima dan Pisah Sambut Jabatan Kades Bantan

  Dibaca : 150 kali
Serah Terima dan Pisah Sambut Jabatan Kades Bantan
Belitung, rakyatbicara.co.id – Setelah resmi menjabat sebagai Kades Bantan untuk periode 2020-2026, Kades Bantan Suhandi dan Pj.Kades Edi Siswaya,S,AP adakan acara serah terima dan pisah sambut bertempat di gedung pertemuan kantor Desa Bantan, Selasa (12/01/2021).
Hadir dalam acara serah terima dan pisah sambut tersebut, Camat Membalong Oskar Prima,S,STP beserta jajaran, Bagian Tapem Setda Kab.Belitung, Kadis PPKBPMD beserta jajaran, Kspolsek Membalong beserta jajaran, Danramil Membalong beserta jajaran, Para Kades diwilayah Kecamatan Membalong, perangkat Desa Bantan, BPD dan undangan lainnya.
Sebelum pengarahan dari Camat Membalong, diawali pembacaan Surat Keputusan Bupati Belitung tentang pemberhentian Pj.Kades Bantan dan pengangkatan Kades Bantan terpilih periode 2020-2026 yang dibacakan salah seorang perangkat Desa Bantan.
Camat Membalong Oskar Prima,S,STP dalam arahannya mengatakan, agar Kades Bantan yang baru dilantik oleh Bupati Belitung menyesuaikan diri dan merangkul semua komponen masyarakat yang ada di Desa Bantan serta bahu membahu untuk memajukan Desa Bantan, ujar Camat.
Pada kesempatan itu juga Pj. Kades Edi Siswaya yang telah bertugas hampir satu tahun di Desa Bantan sebagai Pj  mengatakan dalam sambutannya, agar Kades Suhandi tetap optimis untuk membangun Desa ini.
Melanjutkan program sesuai regulasi yang ada.Edi juga berterima kasih kepada warga Desa Bantan yang telah memberi dukungan/suport selama menjabat di Desa Bantan. Usai acara serah terima dan pisah sambut, Sirman, salah seorang anggota BPD Bantan saat ditemui media ini mengatakan, kami dari BPD mengucapkan terima kasih atas semua program dan kegiatan yang telah berjalan pada masa Pj. Kades Edi Siswaya.
Untuk Kades Suhandi,semoga dapat bersinergi,amanah dalam mensukseskan pembangunan di Desa Bantan, kata Sirman.
Kita semua baik Kepala Desa, perangkat Desa, BPD, lembaga-lembaga yang ada seperti LPM, karang taruna dan PKK  agar bisa tetap menjaga kerukunan dengan masyarakat yang selama ini sudah terjalin dengan baik, ujarnya.
Lanjut Sirman, Kades harus mampu dalam menggerakkan kembali roda Pemerintahan Desa, pembangunan Desa, pemberdayaan Desa dan pembinaan kemasyarakatan. Disisi lain kata Sirman, kami berharap agar kedepannya Pemerintah Desa memaksimalkan penggunaan anggaran Dana Desa guna kesejahteraan masyarakat Desa serta meningkatkan pembangunan berdasarkan kebutuhan masyarakat menuju taraf hidup masyarakat yang lebih baik.
Tidak lupa Sirman mengingatkan agar Kades memahami situasi dan kondisi bahkan peka dan detail dalam melihat potensi yang ada diwilayah Desa Bantan.
Sebagai pemimpin di Pemerintahan Desa,Kades dapat mengoptimalkan potensi tersebut untuk kemandirian Desa, sebut Sirman.
Pesan Sirman yang mewakili BPD Bantan, jangan berbangga dulu dengan jabatan yang diterima saat ini, karena kita masih harus berbakti dan memaksimalkan dalam melayani masyarakat, pungkasnya.
Pada saat yang sama Kades Bantan Suhandi saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, Saya berterima kasih kepada semua masyarakat Desa Bantan yang telah mempercayakan amanah ini kepada saya untuk periode 2020-2026.
Apa yang menjadi tanggung jawab Pj.Kades Edi selama menjabat adalah menjadi tanggung jawab saya juga, sebut Suhandi. Saya akan meneruskan program yang sudah ada dan tanpa dukungan masyarakat saya tidak dapat berbuat apa-apa.
Sehebat apapun seorang pemimpin kalau tidak ada dukungan dari semua itu tidak akan ada artinya, kata Suhandi.
Lanjut Suhandi, dalam hal apapun untuk memajukan Desa ini kita harus bersinergi misalnya, dengan BPD, perangkat Desa atau staff untuk yang lebih baik, maju dan berkwalitas.
Pria berusia 35 tahun inipun berjanji kepada warga Desa Bantan agar menjalankan tugas selalu teliti baik dalam mengambil suatu keputusan/tindakan dalam bekerja misalnya, dalam penyusunan RPJM harus mendahulukan mana yang prioritas.
Yang tidak kalah pentingnya kata Kades, yang akan kita giatkan nanti yakni, bidang agama, pendidikan, kesehatan dan pariwisata.Visi-misi itu harus sesuai dengan keadaan pemerintahan Desa sekarang ini dan tidak berlebihan.
Visi-misi itu juga harus kita laksanakan dan bukan hanya diucapkan didepan masyarakat karena ini pertanggung jawaban kita kedepannya, ungkap Kades.
Saya juga kedepannya akan menggiatkan lagi dibidang keagamaan yang saling silaturahmi misalnya, pada hari raya Maulid Nabi akhir-akhir ini jarang memanggil Ulama-Ulama pada saat Sholat jumat untuk memberi pencerahan kepada Umat, katanya.
Selain itu kata Kades, pengajian juga akan digiatkan lagi seperti biasanya di malam jumat untuk lebih religius lagi. Disinggung mengenai BUMDesa, Suhandi akan menata kembali bidang usaha yang hampir redup bahkan hampir tidak ada perkembangan.
Kebetulan sebut Kades, kepengurusan BUMDesa ini sudah berakhir per 13 Desember 2020 yang lalu, jadi kami dari pihak Desa akan mengeluarkan surat bahwa BUMDesa menindaklanjuti apa yang dikerjakan selama ini.
Jika memang dari awal sampai sekarang tidak ada perkembangan sama sekali, mungkin kami akan mengadakan perombakan/perubahan pengurus, tegas Suhandi.
Tidak hanya itu, terkait lahan/tanah bagi yang menguasainya, pihak Desa harus benar-benar teliti dalam menerbitkan surat menyurat.
Untuk perbatasan lahan tersebut harus lengkap dengan saksi-saksi baik dari perangkat atau Rt harus terjun kelokasi agar tidak menjadi polemik dikemudian hari,paparnya. (sm/Aa).
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional