Menu

KPU Beltim Apresiasi Peran Media Dalam Pilkada

  Dibaca : 84 kali
KPU Beltim Apresiasi Peran Media Dalam Pilkada

Belitung Timur, rakyatbicara.co.id – Pasca Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur menggelar Evaluasi Peran Serta Media Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur Tahun 2020 di Fega Cafe Manggar, Jumat (29/1/21).

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi KPU Beltim terhadap media dan pewarta di Kabupaten Beltim yang dinilai telah membantu KPU dalam mensosialisasikan serta memberikan informasi seputar Pemilihan Kepala Daerah. Sebagai rekan, KPU menilai peran media sangat penting untuk mendeseminasikan informasi terutama saat sosialisasi tatap muka yang kurang memungkinkan saat pandemic COVID-19.

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Beltim Asrikhah menjelaskan bahwa Media Center dibentuk di awal tahapan Pemilu pada tahun 2019 dengan tujuan untuk mengoptimalkan penyebaran informasi mengenai segala tahapan pelaksanaan Pilkada kepada masyarakat melalui media.

Tujuan dibentuknya Media Center ini untuk menginformasikan setiap tahapan kepada masyarakat luas. Dalam hal ini media menjadi fasilitas bagi KPU agar informasi kegiatan apa-apa yang akan dan telah dilaksanakan oleh KPU dapat tersampaikan ke masyarakat dengan lebih cepat,” jelasnya.

Media Center sendiri merupakan gabungan dari berbagai macam media yang ada, dimulai dari media cetak, daring, hingga elektronik. Termasuk pula di dalamnya Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Beltim sebagai media dan Humas Pemkab Beltim.

Di Media Center ini ada berbagai jenis media ,intinya kami KPU Beltim merangkul semua media baik itu media online, media cetak, dan media elektronik, tambahnya.

Asrikhah mengapresiasi peran serta Media Center yang terlibat dalam penyebaran informasi mengenai tahapan kegiatan KPU Beltim. Menurutnya peran media sangat penting dan vital terutama dalam masa pandemic COVID-19.   Tentu media disini sangat berperan sekali dalam proses penyebaran informasi, karena kalau tidak ada peran serta media belum tentu nanti informasi ini akan tersampaikan dengan cepat ke masyarakat. Kami sangat mengapresiasi sekali peran media,tutupnya.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur menargetkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan diperbarui setiap satu bulan sekali. Kegiatan ini akan menjadi rutinitas KPU di masa sebelum Pemilihan Kepala Daerah ataupun Pemilu.

Kepala Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Beltim Rizky Rinaldi mengatakan ,Keputusan pemutakhiran data ini diambil berdasarkan Peraturan KPU Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Kami merencanakan pembaharuan data tiap bulan. Rencana besarnya untuk tahapan memang ada di peraturan, artinya penyelenggara diwajibkan untuk memutakhirkan data secara berkelanjutan, jelas Rizky seusai acara Evaluasi Peran Serta Media pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur pada tahun 2020, di Café Vega Manggar, Jum’at, (29/01/21).

Pemutakhiran data yang rencananya akan dilakukan di akhir bulan ini akan dimulai dengan melakukan penginputan data pada Sistem Informasi Pendaftaran Pendataan Pemilih (SIDALIH). Salah satu sumber data yang akan dimasukkan adalah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Sementara ini kami akan input data ke SIDALIH dengan menggunakan sumber dari DPTb pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 kemarin yang jumlahnya 134 orang,” tambahnya.

Lanjut Rizky ,KPU Beltim akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten  Beltim terkait data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

Data DP4 ini dari lembaga eksternal, jadi kami masih harus koordinasikan dengan Disdukcapil Beltim untuk menyinkronkan data. Kewajiban kami hanya memproses dan memvalidasi,” ujarnya.

Selain menjadi kegiatan rutin KPU, pemuktahiran data DPT ini dimaksudkan agar KPU nantinya akan mempunyai gambaran naik turunnya DPT pada Pemilu selanjutnya dan akan di evaluasi setiap 3-4 bulan sekali. (Ts,Ln/sm)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional