Sebanyak 18 Orang Pengurus BAMAG LKKI Kab.Belitung Resmi Di Lantik

Belitung, rakyatbicara.co.id – Badan Musyawarah Antar Gereja Lembaga Keagamaan Kristen Indo esia (BAMAG LKKI) Kabupaten Belitung resmi dibentuk.

Organisasi keagamaan ini diisi oleh pengurus dari gereja-gereja yang tergabung di dalam BAMAG LKKI Kabupaten Belitung.

Moment yang sangat berharga tepatnya pada hari rabu (24/2/21), sebanyak 18 orang pengurus BAMAG LKKI Kab.Belitung untuk periode 2021-2026 resmi dilantik dan pengucapan janji bertempat di Hotel Billiton pusat kota Tanjungpandan.

Prosesi pelantikan ini dilakukan oleh ketua BAMAG LKKI Prop.Babel Pdt.Stefanus Phin (Saripin), dan didampingi Sekretaris Pdt.Frank Sinatra,S,Th untuk pengucapan janji yang diikuti sebanyak 18 orang pengurus di Kab.Belitung.

Usai pelantikan dan pengucapan janji, ketua BAMAG LKKI Prop. Babel Pdt.Stefanus Phin menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan (SK) pelantikan kepada ketua BAMAG LKKI Kab.Belitung Pdt.Johny Martin Kondo.

Hadir dalam pelantikan pengurus BAMAG LKKI kab.Belitung yakni, perwakilan Pemkab Belitung, unsur Forkopimda Kab.Belitung, perwakilan Kesbangpol Belitung, perwakilan Kemenag Belitung, ketua FKUB Kab.Belitung Ramansyah, ketua BAMAG LKKI Beltim serta undangan lainnya.

Kata sambutan diawali Pdt.Johny Martin Kondo mengatakan, kehadiran BAMAG LKKI di Belitung untuk mempererat hubungan persaudaraan baik dalam intern gereja-gereja maupun organisasi kemasyarakatan lainnya.

Disamping itu kata john kondo, organisasi ini adalah mitra Pemerintah daerah dan bersinergi untuk memajukan serta membangun Belitung yang lebih baik.

Sambutan Bupati Belitung yang disampaikan Haris Maryono, atas nama Pemerintah Kab.Belitung, mengucapkan selamat kepada pengurus BAMAG LKKI Kab.Belitung dalam melaksanakan program-program kerja organisasi serta mengharapkan dukungan dalam sektor pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Belitung.

Sementara ketua BAMAG LKKI Prop.Babel Pdt.Stefanus Phin mengatakan,BAMAG LKKI ini sudah terbentuk di 6 Kabupaten dan 1 kota. Tujuannya adalah untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah maupun organisasi lainnya, ujarnya.

Harapannya BAMAG LKKI ini senantiasa dapat bersinergi dengan Pemerintah untuk sama-sama membangun untuk kesejahteraan masyarakat.

Johan sebagai sekretaris BAMAG LKKI Kab.Belitung sekaligus ketua panitia prosesi pelantikan menyampaikan dihadapan seluruh undangan bahwa, BAMAG LKKI telah terdaftar di Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI dan juga telah disahkan oleh KEMENKUMHAM RI dan sudah terbentuk/berdiri sejak tahun 2017, ungkap johan.

Usai seluruh rangkain acara pelantikan,Vina Cristyn Ferani sebagai penasehat BAMAG LKKI Kab.Belitung berharap bahwa BAMAG LKKI ini adalah suatu wadah dan bisa dikategorikan ormas.

Menurutnya skop kegiatan BAMAG LKKI ini akan lebih luas dan bukan hanya melingkupi gereja-gereja tapi juga mewakili gereja-gereja yang ada di Kab.Belitung ini ke level yang lebih luas lagi misalnya di level Belitung bahkan di Indonesia, ujarnya.

Lanjut Vina yang juga anggota DPRD Kab.Belitung ini, kehadiran BAMAG LKKI termasuk juga sebagai penghubung antara gereja dengan ormas yang lain dan juga Pemerintah, ungkap Vina.

Terkait masih ada beberapa gereja yang belum masuk di BAMAG LKKI Kab.Belitung Vina mengatakan, ada memang beberapa gereja yang terikat sinodenya jadi mereka tidak bisa bergabung dengan BAMAG LKKI yang sudah terbentuk.

Sebelum pelantikan hari ini (24/2/21), kita sudah melakukan pertemuan untuk musyawarah dan hasilnya kita masih dalam satu kebersamaan biarpun ada gereja yang belum bergabung. Alasannya mungkin karena ada pertimbangan-pertimbangan dan keputusan dari sinode pusat jadi mereka belum bisa bergabung, sebut Vina.

Dalam hal ini kita sangat memaklumi dan itu tidak mengurangi kebersamaan dan persaudaraan kita antar gereja di Kab.Belitung ini bahkan kita juga mengundang mereka pada acara pelantikan ini, ungkapnya.

Vina Cristyn berharap bagi mereka yang ingin bergabung dikemudian hari, pintu BAMAG LKKI terbuka lebar dan itu pasti,katanya. Bahkan sebut Vina, pada hari rabu (23/2/21) sehari sebelum pelantikan pengurus BAMAG LKKI Belitung, sudah disampaikan biarpun mereka secara struktur tidak masuk, namun pada saat kita melakukan suatu kegiatan,kita pasti akan melibatkan mereka dan mereka tetap diajak.

Lanjutnya lagi kedepan program-program BAMAG LKKI ini juga sifatnya adalah untuk umum, misalnya: kegiatan sosial, bentuk penyuluhan, bimbingan dan seminar.

Jadi dalam hal tersebut kita akan melibatkan semua gereja-gereja yang ada di Kab.Belitung termasuk Belitung timur, ucapnya. (sm).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *