Menu

Apakah Oprasi Katarak Dapat Dijamin BPJS Kesehatan

  Dibaca : 106 kali
Apakah Oprasi Katarak Dapat Dijamin BPJS Kesehatan

Bogor, rakyatbicara.co.id – Tanya jawab tentang JKN BPJS Kesehatan salah satunya bapak Lukman dari Cisarua Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Bapak Lukman bertanya : Saya telah mengalami gangguan penglihatan, apa mungkin saya terkena katarak, jika ternyata saya kena katarak apakah BPJS Kesehatan menjamin biaya pengobatannya…?

Terimakasih atas pertanyaan yang saudara sampaikan, berikut penjelasan kami.

Heri Irawan, SE adalah Deputi Direktur Advokasi Relawan Jamkeswatch dan juga Humas Pokja Kesehatan PWRI Bogor. Sosok Heri Irawan SE iyalah seorang pejuang relawan, abdi sosial, kepedulian terhadap masyarakat miskin.

Dalam pertanyaan bapak Lukman di Cisarua, Heri Irawan menjelaskan gangguan penglihatan Katarak adalah gangguan penglihatan di mana lensa mata penderita katarak menjadi keruh dan seperti berawan. Orang yang mengalami katarak akan merasa seperti selalu melihat kabut atau berasap.

Sebagian besar kondisi mata seperti ini berkembang perlahan-lahan dan tidak terasa mengganggu pada awalnya. Lama-kelamaan, kondisi ini akan semakin memburuk sampai mengganggu penglihatan penderita nya. Akibatnya, seseorang yang menderita katarak akan menjadi sulit melakukan rutinitasnya.

Pada tahap awal, pencahayaan yang lebih kuat dan kacamata dapat membantu mengatasi masalah penglihatan yang muncul akibat katarak. Namun, jika lensa mata semakin keruh dan masalah penglihatan semakin memburuk, operasi mungkin menjadi jalan keluarnya. Operasi katarak umumnya merupakan prosedur yang aman dan efektif, terang heri kepada rakyatbicara.co.id.

Jika jaman dulu banyak orang yang menderita katarak namun tidak melakukan pengobatan secara serius dan berkesinambungan karena tidak ada biaya atau mungkin tidak mampu untuk membayar biaya operasi katarak.

Saat ini bagi masyarakat yang sudah menjadi peserta JKN-BPJS Kesehatan dan menderita katarak tidak usah kuatir karena BPJS Kesehatan menjamin biaya operasi Katarak.

Dalam Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2020 tentang Prosedur Penjaminan Operasi Katarak dan Rehabilitasi Medik Dalam Program Jaminan Kesehatan.

BPJS Kesehatan menjamin pelayanan operasi katarak dan rehabilitasi medik berdasarkan indikasi medis dan sesuai dengan standar pelayanan. Pelayanan operasi katarak dan rehabilitasi medik diberikan oleh dokter yang telah memiliki kompetensi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk alur pelayanan operasi katarak dan rehabilitasi medik dilaksanakan berjenjang sesuai dengan sistem rujukan yang berlaku.

Jadi buat kalian yang mengalami gangguan penglihatan, segera lakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan jika memang tidak dapat diselesaikan di fktp dokter akan merujuk ke fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL).

Demikian informasi nya, semoga bermanfaat, salam sehat hak rakyat.

Terima kasih
Heri Irawan, SE

Deputi Direktur Advokasi Relawan Jamkeswatch dan Humas Pokja Kesehatan PWRI Bogor.

(Red/hdr).

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional