Bangunan Kios di Muara Angke Diduga Berdiri di Atas Lahan Milik Pemprov DKI

Jakarta, rakyatbicara.co.id – Proyek bangunan yang berdiri di atas lahan milik Pemprov DKI Jakarta di kawasan Pelabuhan Perikanan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara dipertanyakan warga setempat.

Pembangunan yang sudah mencapai 30 persen itu diduga tidak memiliki izin. Bahkan, tidak ada papan informasi atau spanduk izin mendirikan bangunan (IMB) di lokasi proyek.

Anwar, warga setempat mempertanyakan proyek bangunan yang ada di atas lahan milik Pemprov DKI. Menurutnya, bangunan tersebut dinilai sebagai pelanggaran.

“Anehnya, petugas Satpol PP dan Sudin Citata (Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan) kayak tutup mata, padahal jelas-jelas di situ ada pelanggaran,” ujarnya, kamis (18/03/2021).

Berdasarkan informasi yang didapat, bangunan tersebut akan dijadikan kios dalam jumlah banyak mengingat lahan yang dipakai cukup luas sekitar 3.000 meter. “Kalau sudah berdiri semua ada puluhan, bahkan ratusan kios karena lahan yang dipakai sangat luas,” katanya.

IMG 20210318 WA0168 rakyatbicara.co.id

Di sisi lain juga Jose (45), warga lainnya meminta petugas turun tangan menertibkan bangunan itu supaya tidak terjadi pembiaran. Hal ini penting agar masyarakat menjadi percaya dengan Pemprov DKI.

“Harus ditertibkan supaya nggak ada persepsi pembiaran ataupun pelanggaran. Kasihan Pak Anies kalau kayak begini terus,” ucapnya.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan Muara Angke Syamsuddin mengatakan, izin penggunaan lahan ada di Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta. “Kalau peruntukkan kabarnya dibangun tempat penyimpanan peralatan-peralatan kapal. Bentuknya memang kayak kios-kios,” ujarnya (Red/wb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *