Menu

Hadist Menjadi Cabang Baru STQ Yang Diperlombakan

  Dibaca : 116 kali
Hadist Menjadi Cabang Baru STQ Yang Diperlombakan

Belitung Timur, rakyatbicara.co.id – Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar memasangkan jubah kepada Ketua Dewan Hakim Novarianto menandai dimulainya Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist Nabi (STQH) Tingkat Kabupaten Belitung Timur Tahun 2021, Selasa (23/03/21).

Pelaksanaan STQ yang dipusatkan di Auditorium Zahari MZ ini akan berlangsung selama empat hari. Dengan memperlombakan tiga cabang yakni Tilawah, Tahfiz dan satu cabang baru yakni Hadist Nabi.

Sebanyak 47 peserta dan 34 pendamping mengikuti STQ tingkat Kabupaten Beltim 2021. Para peserta dan pendamping terdiri dari Kecamatan Manggar 8 peserta dan 6 pendamping, Kelapa Kampit 6 peserta dan 5 pendamping, Damar 6 peserta dan 4 pendamping, Gantung 7 peserta dan 5 pendamping, Simpang Pesak 6 peserta dan 4 pendamping, Dendang 6 peserta dan 5 pendamping serta Simpang Renggiang 8 peserta dan 5 pendamping.

Dalam sambutannya, Khairil mengapresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan STQH Kabupaten Beltim yang tetap berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

 

Tentunya kita sangat menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan STQH Tingkat Kabupaten Beltim di tengah Pandemi COVID-19 ini, dimana dalam penyelenggaraannya kita tetap harus mengedepankan protokol kesehatan yaitu 5M,” jelasnya.

Khairil juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Dewan Juri dan Peserta Kegiatan STQH Tingkat Kabupaten Belitung Timur. Ia ingin agar kegiatan bukan menjadi seremonial semata namun membuat masyarakat dapat lebih mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Yakin kalau Dewan Juri kita profesional. Kemudian untuk Qori dan Qoriah yang saat ini sudah menjadi utusan dari Kecamatan, tinggal kite tingkatkan lagi dan kita sama-sama meng-Al Quran kan kita semua dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang tinggal diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, mudah-mudahan Beltim ke depan semakin lebih maju, Insya Allah, ujar Khairil.

Mantan Camat Simpang Pesak itu menjamin bahwa tahun ini Pemkab Beltim akan mengirimkan utusannya pada kejuaraan STQH maupun MTQ tingkat Provinsi dan Nasional tahun 2021. Tahun lalu Kabupaten Beltim sempat absen dalam pengiriman kontingen untuk lomba MTQ tingkat Provinsi Kepualuan Bangka Belitung.

InsyaAllah kita tetap akan mengirimkan kontingen, hanya saja porsinya kita rapatkan dan koordinasikan dulu. Dengan kebersamaan apa yang sudah menjadi hasil akhir dalam STQ ini kita akan upayakan untuk dilatih lagi dan dikirim,” ujar Khairil.

Pada saat yang sama, Ketua Dewan Hakim STQH Kabupaten Beltim Novarianto mengatakan, tahun 2021 ini STQH memperlombakan cabang baru yakni Hadist Nabi, Namun sayangnya tidak satu pun peserta yang ikut.

Tahun ini kita baru memulai di adakan lomba hadist Nabinya sesuai petunjuk dari pusat. Hanya saja tahun ini untuk tingkat Kabupaten Beltim tidak ada peserta,” ungkap Nova.

Kepala Kantor Agama Kabupaten Beltim itu mengatakan, pihaknya sudah jauh-jauh hari melakukan pemberitahuan ke seluruh kecamatan terkait adanya penambahan cabang baru. Cabang Hadist ini akan diperlombakan di tingkat Provinsi dan Nasional.

Hafalan sampai 100 hadist. Jadi nanti LPTQ Provinsi akan datang ke sini untuk menyeleksi peserta untuk juara-juara MTQ 2020 yang lalu tidak bisa ikut, salah satunya khusus cabang hadist ini,” kata Nova.

Terkait teknis perlombaan STQ tahun ini Nova mengatakan ,setiap kontingen akan dipisah. Jadi hanya Kafilah dari satu kecamatan yang akan berada di Auditorium Zahari MZ. Hal ini untuk menghindari adanya kerumunan.

Lanjutnya lagi,kita sudah bagi waktunya, misalnya siang ini hanya kontingen Kecamatan Simpang Pesak, sore nanti baru Kecamatan Dendang. Besok tiga kecamatan, dan seterusnya,” jelas Nova.

Diakuinya seharusnya tahun ini pelaksanaan MTQH namun karena di beberapa daerah hanya menganggarkan STQH maka panitia pusat pun hanya menyelenggarakan STQ. Namun ada juga daerah yang menggelar MTQH.

Nah tergantung anggaran di daerahlah, Karena kalau MTQ cabang yang dilombakan akan lebih banyak, otomatis peserta pun lebih banyak juga,” ujar Nova. (@2/Ts/sm).

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional