Menu

Penilaian Desa AIR Merbau Tingkat Kabupaten Berlangsung Tertib

  Dibaca : 97 kali
Penilaian Desa AIR Merbau Tingkat Kabupaten Berlangsung Tertib

Belitung, rakyatbicara.co.id – Penilaian lomba Desa dan Kelurahan dan evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Belitung tahun 2021 berlangsung di kantor Desa Air merbau, Pada jumat (26/03/2021).

Hadir dalam acara penilaian lomba Desa dan Kelurahan ini diantaranya, Drs.Suksesyadi,M,si sebagai ketua tim penilai lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten, Camat Tanjungpandan Sanwani, Kapolsek Tanjungpandan(mewakili), Danramil Tanjungpandan(mewakili), Kades Air merbau Katto, Ketua BPD Yudi Candra dan anggota, seluruh perangkat Desa Air merbau beserta undangan lainnya.

Camat Tanjungpandan, Sanwani dalam sambutannya sebelum acara pokok penilaian mengatakan, agar tim penilai lomba Desa dan Kelurahan ini menilai seobjektif mungkin dan jangan ada didalamnya unsur sara dan KKN ataupun lainnya, tegas Camat.

Lanjutnya lagi, apa gunanya meraih juara 1 ( Satu ) namun pada kenyataannya dilapangan tidak sesuai. Apapunn yang dinilai dari tim penilai nantinya harus sesuai dengan kenyataan, ujar Camat.

Senada dengan Camat Tanjungpandan, Ketua tim penilai lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten, Drs.Suksesyadi M,si mengatakan agar tim penilai menilainya secara profesional.

Katto, Kades Air merbau saat menyampaikan sambutannya mengatakan, untuk persiapan penilaian lomba Desa dan Kelurahan ini kami telah mempersiapkan yang berkenaan dengan acara tersebut.

Sebelumnya kami sudah berbuat semaksimal mungkin dengan seluruh kekuatan yang ada dari unsur lembaga yang ada di Desa. Dalam hal ini kami telah siap menerima hasilnya dari penilaian apalagi itu sampai juara satu.

Lanjut Katto, seandainya Desa Air merbau pantas jadi juara satu, mengapa tidak? imbuhnya. Kita akan menyampaikan fakta dan data sehingga tidak ada keraguan diantara kita. Untuk itu kata Kades, pada hari ini saat verifikasi lomba Desa dan Kelurahan tahun 2021 untuk Desa Air merbau, tidak ada sedikitpun yang dututup-tutupi dan direkayasa dan semua akan kita sesuaikan dengan data dan fakta, jelasnya.

Untuk menjadi bahan tim penilai lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten tahun 2021 ini, Kades Air merbau memaparkan seputar profile Desa Air merbau dan selanjutnya menyerahkan laporan kepada ketua tim penilai lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten tahun 2021.

Ketua BPD Desa Air merbau Yudi Candra saat ditemui di kantor Desa Air merbau mengatakan, untuk penilaian lomba Desa dan Kelurahan ini ada beberapa kriteria misalnya, dari segi administrasi, yang berhubungan dengan pengelolaan potensi yang ada atau pengelolaan Desa secara umum.

Sejauh mana Desa itu mampu mengelola Desa sesuai Visi-Misi pada saat pencalonan Kades dan itu harus dijalankan/dilaksanakan. Kegiatan PKK, posyandu,kebersihan dan sarpras juga dilihat apakah sudah lengkap atau belum, ujar Yudi.

Lanjut Yudi, mereka(tim penilai) akan melihat dari profile Desa nyambung apa tidak sesuai Visi-Misi nya. Tim penilai ini kata Yudi dari berbagai unsur yakni, DPP KBPMD Kab.Belitung,bagian Pemerintahan, Kecamatan serta tim PKK Kabupaten.

Di Desa Air merbau sebut ketua BPD ini, ada tiga program strategis yaitu, pertanian, BUMDesa dan destinasi wisata kolong purun karena salah satu program Pemerintah Pusat adalah satu Desa satu Destinasi Wisata.

Untuk saat ini ada lahan seluas 20 Ha tepatnya di gang jagung milik warga yang dijadikan kawasan pertanian dan dilahan tersebut tanaman untuk kebutuhan sehari-hari, ungkap Yudi.

Disamping itu kata Yudi, ada peternakan ayam potong bahkan saat ini sudah ad mesin penetas telur sebanyak 5 unit dan warga telah dilaksanakan pelatihan menggunakan mesin penetas telur sebagai uji coba dan hasilnya mencapai 80 persen, ucapnya.

Selain ternak ayam, ada juga rencana kedepannya untuk ternak jenis lain seperti sapi dan kambing walaupun itu butuh proses yang panjang tapi yang jelas apa yang ada sekarang dikelola dulu dengan baik baru memikirkan yang lain.

Kegiatan acara penilaian lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten tahun 2021 ini Yudi berharap Desanya meraih juara satu. (sm).

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional