Menu

Sampah Kali Kumpa Diangkat Dan Di Impor Ke TPA Galuga

  Dibaca : 42 kali
Sampah Kali Kumpa Diangkat Dan Di Impor Ke TPA Galuga

Bogor, rakyatbicara.co.id – Tumpukan sampah di kali Kumpa mendapatkan perhatian khusus dari dinas dan instansi terkait Kabupaten Bogor, dengan dilakukan pengerukan dan pengangkatan dan dikirim ke TPA Galuga, Sabtu (24/04/2021) Pukul 7:30 Wib.

Pengangkatan sampah ini melibatkan dinas terkait diantaranya, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ), Unit Pelayanan Tehnik ( UPT ) Pengelolaan Sumber Daya Air ( PSDA ), Unit Pelayanan Tehnik ( UPT ) Pengairan wilayah 2, serta di monitor juga oleh Sekcam beserta kasie, Lurah Pakansari, Lurah Tengah, Babinkamtibmas. Dengan 15 dam truck dan satu bego ukuran kecil. Hari ini kita lakukan pengangkatan sampah, angkut terus kita kirim ke Galuga (TPA).

Di sampaikan Hendrik Sopian ( Kasie ) pelayanan kebersihan,” hari ini kita keruk sampahnya, kita angkut dan kita buang ke TPA Galuga, untuk berikutnya kita rencanakan lagi, karena kalau kita pake alat berat tidak bisa dari sini mungkin dari bawah Setu Cikaret,” ujarnya.

Disisi lain, Kepala UPT pengairan wilayah 2 Wiwik juga menyampaikan hal serupa,” sebenarnya bersih-bersih ini ada di kita ya irigasi di PUPR, sementara Setu nya ada di PSDA, yang terkoneksi Antara Setu Cikaret dan Setu Kebantenan untuk irigasinya masuk ke saya, karena disini sering terjadi banjir, dan Solusinya seperti apa, Nah kita bekerja sama antara, PUPR, DLH dan PSDA kita keruk kita angkat sampahnya,” ucapnya.

Wiwik menambahkan,” Untuk tahap pertama hari ini, kita angkat sampahnya yang ini walaupun sudah ada alat beratnya (Bheco) ya tapi yang kecil, karena tidak bisa masuk yang besar. Nah nanti untuk tahap berikutnya kita akan pinjam ampibinya untuk nanti akan kita mulai pekerjaannya dari bawah (Setu Cikaret) jadi dari hilir ke hulunya.

Untuk kegiatan hari ini kami menurunkan armada, SDM nya dari PUPR untuk mengangkat. Akan tapi karena kedalamannya 2 meter tidak mungkin teman-teman yang turun, hanya bheco nya yang angkat sampahnya, kebetulan bisa mencapai kedalaman 3 meter.

Untuk hal nya kita bekerjasama serta kordinasi yang baik dengan semua pihak karena tidak mungkin kita bisa bergerak sendiri seperti 15 dam truck dari BKP,” pungkas Wiwik.

Sementara dari pihak UPT PSDA Andi Sudirman,” kita sudah selalu berkomunikasi serta berkordinasi dengan semua pihak terutama pemerintah daerah setempat Pemda Kabupaten Bogor. untuk bagaimana supaya jelas daerah resapan air, garis sepadan sungai atau kali yang sebenarnya harus bebas dari pembangunan, dan sudah sampaikan kepusat sebagai informasi dan laporan karena memang kewenangan pusat, kita hanya melakukan pengawasan saja dan selama ini sudah berjalan,” katanya.

Salah satu warga RT 01/05 yang enggan disebutkan namanya berharap,” saya sangat berharap di kali Kumpa ini tidak hanya diambil sampahnya aja, tapi kalinya di keruk juga biar lebih dalam lagi, karena saya termasuk warga yang lain yang tinggal disekitar kali Kumpa disekitar belakang Rumas sakit (RSUD) sering kena banjir kalau pas ujan gede dan lama,” ungkapnya penuh harapan. (RB).

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional