Menu

Takjil Di Kabupaten Belitung Timur Bebas Dari Bahan Berbahaya

  Dibaca : 71 kali
Takjil Di Kabupaten Belitung Timur Bebas Dari Bahan Berbahaya

Belitung Timur, rakyatbicara.co.id – Takjil atau makanan untuk berbuka puasa yang beredar di Kabupaten Belitung Timur bebas dari bahan berbahaya.

Hasil temuan itu terungkap saat Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Belitung melaksanakan kegiatan Pengawasan, Peninjauan dan Pemeriksaan Takjil Ramadhan Bersama di Terminal Manggar beberapa waktu yang lalu.

Petugas dari Loka POM sebelumnya mengambil 54 sampel takjil yang berbeda. Sampel-sampel tersebut kemudian diperiksa di laboratorium portable yang disiapkan di Terminal Manggar untuk dites apakah mengandung bahan berbahaya.

Bahan berbahaya pada makanan yang biasanya digunakan oleh produsen meliputi Formalin, Boraks, Rhodamin B, dan Metanil Yellow. Penggunaan bahan berbahaya ini dilakukan agar makanan awet, terlihat menarik serta memiliki warna yang cerah.

Total sampel ada 54 yang kita ambil. Alhamdulillah semua bebas dari bahan berbahaya, kata Kepala Loka POM Belitung Singgih Prabowo Adi.

Singgih mengatakan ,sampel diambil dari 54 jenis takjil yang beredar di 5 tempat berbeda pusat jajanan di Kabupaten Beltim. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, umumnya memilih takjil yang memiliki warna mencolok.

Kita mengambil dari beberapa tempat yang ada di depan Asoka Manggar, di Simpang 4 Manggar, dan di dekat terminal Manggar. Sehari sebelumnya kita juga mengambil sampel yang di Kecamatan Simpang Renggiang dan di Kecamatan Kelapa Kampit, ungkap Singgih.

Meski tidak ditemukan adanya bahan berbahaya pada makanan, Loka POM Belitung akan terus melakukan pemantauan dan pemeriksanaan terhadap peredaran takjil maupun kue lebaran.

Kami masih akan terus melakukan kegiatan seperti ini. Minggu depan kita akan ke Kecamatan Gantung, dan daerah lain untuk memastikan semuanya aman dari bahan berbahaya, ujar singgih. (@2/sm).

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional