Menu

Tingkatkan Kualitas Layanan Adminduk, Kemendagri Hadirkan Acara Dukcapil Mendengar

  Dibaca : 32 kali
Tingkatkan Kualitas Layanan Adminduk, Kemendagri Hadirkan Acara Dukcapil Mendengar

Jakarta, rakyatbicara.co.id – Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar acara Dukcapil Mendengar. Sesuai dengan namanya, acara ini digagas dalam rangka mendengarkan masukan dari berbagai sisi, demi memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan (Adminduk) di seluruh Indonesia.

Acara yang dilaksanakan pada Jumat (23/4/2021) itu, dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, dan diikuti para Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Provinsi beserta jajaran, Kadis Dukcapil Kabupaten/Kota beserta jajaran, serta pejabat Eselon II, III, IV dan Pejabat Fungsional Ditjen Dukcapil Kemendagri, dengan jumlah peserta sebanyak 765 orang.

“Kami ingin memperbaiki kualitas layanan Adminduk, karena kami memahami, Indonesia sangat luas, spektrumnya banyak sekali,” kata Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh saat membuka acara.

Zudan menyadari, luasnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), diwarnai keberagaman dalam layanan Adminduknya, sehingga terjadi ketimpangan dalam memberikan layanan publik. Zudan membeberkan, ada Dinas Dukcapil yang memiliki layanan yang maju karena ditopang dengan fasilitas teknologi dan jaringan yang baik, ada pula Dinas Dukcapil yang memilki layanan yang kurang maksimal.

“Kami ingin hal-hal yang kurang ini, bisa kita jembatani dengan semangat, dengan kekompakan, dengan saling tolong-menolong dan saling belajar terus menerus, karena kami ingin semua inovasi semua yang kita lakukan itu hanya bertujuan untuk bagaimana membuat rakyat itu senang, rakyat itu berbahagia,” bebernya.

Dengan demikian, layanan Adminduk yang prima, diharapkan mampu memberikan kepuasan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya dalam mendapatkan layanan publik yang mudah. “Jadi pelayanan adminduk itu sebenarnya hanyalah transformasi untuk mewujudkan bagaimana masyarakat kita itu senang, berbahagia mendapatkan banyak kemudahan,” tandasnya.

Lewat acara Dukcapil Mendengar, diharapkan jajaran Dinas Dukcapil dan peserta yang mengikuti, dapat menyimak, mengkaji, mempelajari, apa yang para narasumber beberkan dalam rangka memberikan banyak masukan, demi layanan Adminduk yang semakin baik. Adapun acara ini diisi oleh sejumlah narasumber, yakni Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih; Peneliti LIPI, Siti Zuhro; Tenaga Ahli Bidang Inovasi dan Manajemen Citra Institusi, Fariza Y. Irawady; dan Jurnalis Sindo, Dita Angga Rusiana. (Red/hr/Puskem).

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional