Menu

3 Mei Hari Pers World Press Freedom Day

  Dibaca : 80 kali
3 Mei Hari Pers World Press Freedom Day

Bogor, rakyatbicara.co.id – Hari Kebebasan Pers telah di tetapkan 3 Mei dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 1993. Sejak itu 3 Mei di peringati sebagai hari kebebasan pers, hal itu dilakukan demi mempertahankan kebebasan media dari serangan atas independensi dan untuk memberikan penghormatan kepada para jurnalis yang meninggal dalam menjalankan profesinya.

3 Mei kita jadikan momentum untuk mendorong inisiatif publik untuk turut memperjuangkan Kebebasan Pers. Karena Kebebasan Pers dan Kepentingan Publik tidak bisa dipisahkan, harus saling mendukung.

Salah satunya dalam membangun kultur transparansi dan akuntabilitas dalam berjalannya penyelenggaraan negara, Itulah sebabnya isu-isu terkait kepentingan publik harus dijamin, melalui kebebasan berekspresi dan kebebasan pers.

Selain itu, kemerdekaan pers sudah diatur dan dijamin serta dilindungi UUD Tahun 1945 dan UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dan UU No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, serta Kovenan Internasional Sipil dan Politik.

Pasal 4 ayat (1) dan (2) dalam UU Pers menyebutkan, “bahwa kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara dan pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan, atau pelarangan penyiaran”

Namun ternyata saat ini, Kebebasan Pers terancam seperti pada tahun 2018 lalu Kantor Radar Bogor di Serang oleh salah satu kader partai politik, pada 2020 lalu buruh dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa menolak RUU Omnibus Law di sahkan, dalam aksi tersebut banyak jurnalis yang juga di tangkap dan mendapatkan kekerasan dari aparat kepolisian.

Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO, terkait World Press Freedom Day (WPFD) 2021 menyampaikan bahwa bahwa tema Hari Kebebasan Pers Sedunia Tahun ini adalah “Information as a Public Good” yang artinya “Informasi sebagai Barang Publik”.

Untuk menggarisbawahi pentingnya informasi dalam lingkungan media online, World Press Freedom Day 2021 akan menyoroti tiga topik utama:

1. Langkah-langkah untuk memastikan kelangsungan ekonomi media berita.
2. Mekanisme untuk memastikan transparansi perusahaan Internet.
3. Peningkatan kapasitas Literasi Media dan Informasi (MIL) yang memungkinkan orang untuk mengenali dan menghargai, serta mempertahankan dan menuntut, jurnalisme sebagai bagian penting dari informasi sebagai barang publik.

 

Heri Irawan, SE Selaku Humas PWRI Bogor Mengatakan, Semoga Peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia pada 3 Mei 2021 ini dapat mengingatkan kita semua khususnya pemerintah bahwa pers adalah salah satu pilar ke 4 demokrasi, tidak ada lagi jurnalis yang di tangkap dan di aniaya, tidak ada lagi kantor berita di serang preman dan semoga Pers Indonesia tetap Independen serta memberikan informasi yang akurat. (hdr).

 

 

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional