Menu

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Dihadiri Dandim 0429 Lamtim

  Dibaca : 41 kali
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Dihadiri Dandim 0429 Lamtim

Lampung Timur, rakyatbicara.co.id – Kegiatan upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila secara virtual berlangsung di aula utama, Kantor Bupati Lampung Timur, Selasa (01/06/2021).

Turut hadir Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis, Kapolres Lampung Timur AKBP. Wawan Setiawan, Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, Plt. Sekda Yusuf, HR, Asisten 1 Syahmin Saleh, Asisten 2 Datang Cahya Hartawan, Asisten 3 Wan Ruslan dan Kaban Kesbangpol Wirham.

Upacara di digelar di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat.

Sementara Presiden Jokowi, yang bertindak sebagai inspektur upacara, hadir secara virtual melalui Istana Kepresidenan Bogor, mengenakan baju adat dari Kabupaten Tanah Bumbu.

Bertindak sebagai Perwira upacara Kepala Staf Komando Garnisun I Jakarta Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya, sedangkan sebagai komandan upacara adalah Kolonel Infantri Muhammad Imam, menjabat Asisten Operasi Pasukan Pengaman Presiden, pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, pembaca pembukaan UUD RI 1945 Ketua DPR Puan Maharani dan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Upacara Hari Lahir Pancasila ini diikuti perwakilan TNI-Polri, tenaga kesehatan, hingga pelajar. Terlihat juga jajaran menteri yang turut hadir dalam upacara ini.

Dalam sambutanya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan,dalam sambutan menyampaikan,”perlu perhatian dan kerjasama yang kuat dalam menjaga keutuhan ideologi pancasila mengingat semakin besarnya rivalitas antar bangsa, sekarang kita dipertontongkan dengan banyaknya rivalitas, ekonomi politik bahkan rivalitas pikiran atau ideologi itu sendiri,”ucap jokowi.

“Melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjaga ideologi pancasila tidak bisa lagi dilakukan dengan Cara-cara yang biasa saja akan tetapi diperlukan cara-cara baru yang luar biasa memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi terutama revolusi industri 4.0.”

“Selanjutnya saya mengajak seluruh Aparat pemerintahan, tokoh Agama, tokoh masyarakat para pendidik, kaum profesional, generasi muda dan seluruh Rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” Pungkasnya. (RK/Tarmuji).

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional