Menu

Bersama-sama Babinsa Basmi Hama Tikus Secara Masal

  Dibaca : 25 kali
Bersama-sama Babinsa Basmi Hama Tikus Secara Masal

Lampung Timur, rakyatbicara.co.id – Babinsa Koramil 429-06/Purbolinggo Kodim 0429/Lamtim Koptu Sutardi terjun langsung melaksanakan kegiatan Gerdal (gerakan pengendalian) guna antisipasi tingginya perkembangbiakan hama tikus yang bisa mengakibatkan gagal panen pada musim tanam, Jumat (02/07/2021).

Pada kesempatan gerdal yang dilaksanakan di area persawahan Desa Taman Asri tersebut Babinsa menjelaskan hama tikus merupakan salah satu ancaman bagi para petani yang bisa berdampak rusaknya hasil panen maupun palawija.

“Untuk mencegah hal tersebut maka kami semua mengantisipasi serangan hama pengerat yang perkembangbiakannya amat pesat akhir-akhir ini, oleh sebab itu, tidak ada jalan lain selain kami bersama-sama melaksanakan kegiatan gerdal,” ujarnya.

“Gropyokan dengan cara pengemposan asap belerang di lubang-lubang atau sarang tikus yang dilakukan oleh tim terpadu ini masih tergolong sederhana dan tardisional, namun hasilnya terbukti cukup efektif dan banyak hama tikus yang dapat dibasmi,” tambahnya.

“Untuk menanggulangi hama tikus supaya tidak berkelanjutan yang bisa mengancam ketahanan pangan butuh sinergi bersama, baik Babinsa, paratur desa/kampung dan kelompok tani,” tandas Koptu Sutardi.

Sementara Ka UPTD Pertanian Purbolinggo Sri Sutari menyampaikan gerdal terpadu yang sudah dilakukan secara bergantian tiap-tiap desa terbukti membuahkan hasil.

“Hasil gerdal di areal persawahan Desa Taman Asri hari ini hanya mendapatkan 18 ekor tikus ini salah satu bukti kegiatan yang dilakukan meskipun dengan cara tradisional cukup efektif untuk mengurangi populasi hama tikus yang sangat meresahkan pertani,” katanya.

“Harapanya dengan berkurangnya populasi hama tikus ini hasil panen bisa meningkat sehingga petani lebih sejahtera,” tutup Sri Sutari.

Selain Babinsa dan Ka UPTD Pertanian kegiatan gerdal hama tikus turut dihadiri oleh Kades Taman Asri Lekat Dulah Adi, Sekdes Pariyono, penyuluh pertanian Niken dan masyarakat dari kelompok tani “Bangun Tani Makmur”. (RK/Tarmuji).

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional