Menu

Mendagri Ajak Semua Pihak Perusahaan Mampu Untuk Gotong Royong Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi 

  Dibaca : 25 kali
Mendagri Ajak Semua Pihak Perusahaan Mampu Untuk Gotong Royong Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi 

Jakarta, rakyatbicara.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengajak agar dunia usaha dan semua pihak yang memiliki kemampuan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi.

Meski menyadari bahwa di tengah pandemi dunia usaha juga turut tertekan, Mendagri berharap agar mereka tetap dapat membantu masyarakat. Salah satunya, bila memungkinkan dilakukan melalui alokasi anggaran tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

“Pada kesempatan yang baik ini tolong lah kepada teman-teman dunia usaha atau yang mampu, sekarang lah kita semangat gotong royong membantu masyarakat yang terdampak,” ujar Mendagri dalam keterangan persnya saat melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pada Senin, (26/07/2021).

Pada kesempatan tersebut, Mendagri menyebutkan, beberapa daerah telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Hal serupa juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan CSR yang dialokasikan oleh perusahaan. Apalagi aturan pertanggungjawaban penggunaan dana Baznas maupun CSR dinilai tidak seketat menggunakan sumber pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Sistem pertanggungjawabannya tidak seketat seperti APBD, ini juga bisa digunakan untuk membantu masyarakat,” tutur Mendagri.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah mampu memanfaatkan sumber pendanaan di luar APBD berupa penggunaan CSR dari berbagai perusahaan. (Red/Puskem).

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional