Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Bersihkan Sampah Kali Kompa

“Tiga Armada Truk dan 50 Personil Bersikan Kali Kompa”

Bogor, rakyatbicara.co.id – Menumpuknya sampah disepanjang kali kompa yang menyebabkan terjadinya pendangkalan serta tersendatnya aliran air kali Cikompa yang mengalir dan belah diantara Kelurahan Pakansari dan Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong.

Oleh karenanya untuk mengurai serta memperlancar aliran air, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengerahkan dan atau menerjunkan tim sebanyak 50 orang untuk membersihkan, mengangkat serta mengangkut sampah di sepanjang aliran Kali Cikompa, rabu (15/09/2021).

IMG 20210917 WA0002 rakyatbicara.co.id

Dimana sebelumnya melalui Kepala Bidang ( Kabid ) pengelolaan sampah Ismambar Fadli, SE.MSi mengadakan rapat dengan unsur terkait seperti UPT irigasi pada dinas PUPR, SDA serta unsur lainnya.

“Kondisi sampah di kali (Kompa) memang ada tapi tinggal sedikit dan nanti akan kita angkut, untuk permasalahan pendangkalan perlu ada tindak lanjut, terutama oleh dinas terkait yang membidangi, Karena itu termasuk normalisasi sungai,” ujar Fadli Kabid pengelolaan sampah DLH.

Sementara Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Irigasi pada dinas PUPR saat ditemui di lokasi mengatakan,

“penanganan ini tidak bisa hanya secara farsial ya, ini harus secara menyeluruh mulai dari hulu sampai ke hilir, hulu mulai dari Setu Kebantenan ya, yang sama-sama kita tahu sumber airnya dari mana-mana, lalu disini hilirnya kita harus benahi. Itu artinya jika ingin penanganan harus menyeluruh, stigholder juga ya.

IMG 20210917 WA0001 rakyatbicara.co.id

Dia menambahkan juga,'” artinya kita bicara semua pihak ya, Karena tanpa keterlibatan semua pihak ini tidak akan lancar, jadi menurut saya jika kita bicara permanen perlu waktu serta perlu perencanaan yang matang, keterlibatan Pemda juga, harus ada kajian, edukasi karena penanganan jika tidak secara permanen maka akan terus seperti ini, normalisasi lagi normalisasi lagi, bicara normalisasi ini menyeluruh yang tentu saja butuh biaya yang tidak sedikit, Apalagi aliran kali Kompa ini tidak seperti yang lainnya, seperti kedalaman, lebarnya, dan kita tidak tau apakah dihilirnya sama atau tidak, ada penyempitan apa tidak, Tapi pada intinya sebelum ada penanganan lebih lanjut, karena penanganan jangka panjangnya perlu kajian mendalam, penelitian semua pihak, edukasi keterlibatan masyarakat juga, untuk jangka pendek kita akan kontrol setiap bulan agar tidak terjadi penumpukan sampah,” Asman Dila Kepala UPT irigasi PUPR.

Sekedar mengingatkan bahwa sebelumnya beberapa bulan yang lalu Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR melalui UPT irigasinya menurunkan 15 Armada truck dan satu expalator untuk mengangkat serta mengangkut sampah yang menumpuk, dan mengendap menyebabkan tersendatnya aliran air kali Kompa sehingga terjadinya banjir.

IMG 20210917 WA0000 rakyatbicara.co.id

Untuk kali ini Dinas Lingkungan Hidup didukung UPT Irigasi Dinas PUPR mengerahkan 3 unit armada truck pengangkut sampah, sekitar 50 orang pasukan orange serta menggunakan ban dalam mobil untuk mengangkat sampah dari hilir kali Kompa selain di angkut manual secara estafet menggunakankan karung beras oleh personel orange untuk sampai ke mobil pengangkut.(Roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.