Menu

Dr. Yenni Sp.KFR Jelaskan Cara Mengatasi dan penyebab Sakit Punggung Bawah

  Dibaca : 34 kali
Dr. Yenni Sp.KFR Jelaskan Cara Mengatasi dan penyebab Sakit Punggung Bawah

Bogor, rakyatbicara.co.id – Rumah Sakit Annisa Bogor, Low Back Pain/Nyeri Punggung Bawah adalah rasa nyeri atau perasaan tidak nyaman di daerah punggung bagian bawah dan sekitarnya, yang dapat juga dirasakan hingga bokong atau paha. Sekitar 80% populasi pernah mengalami nyeri punggung bawah selama hidupnya.

Adapun Penyebab LBP (Low Back Pain), dapat disebabkan oleh cedera otot, proses degeneratif, trauma, peradangan, tetapi 95% penyebab LBP adalah mekanikal/postural, atau ketegangan otot, juga pada penggunaan berlebihan pada tulang belakang seperti gerakan mengangkat benda yang berat.

Bagaimana cara mengatasi LBP secara mandiri..?

Mengingat saat pandemi Covid-19 banyak diantara kita bekerja di rumah (work from home) maka kita harus mengetahui tindakan mengatasi nyeri pinggang.

Pertama, dengan memperbaiki postur pada saat berdiri, dimana garis tulang belakang harus lurus, tidak membungkuk. Pada saat duduk, pakailah kursi yg nyaman, duduk dengan posisi tegak, tidak membungkuk atau rebah.

Pada saat mengambil atau mengangkat benda yang berat harus memperhatikan posisi tulang belakang jangan langsung membungkuk, tapi dengan menekuk lutut terlebih dahulu baru mengangkat benda.

Kedua, dengan istirahat, ini berarti kita mengistirahatkan otot2 punggung yang nyeri.

Ketiga, dapat memberikan terapi kompres hangat atau dingin di daerah otot punggung.

Kapan harus konsultasi ke Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik..?

Jika nyeri punggung lebih dari 1 minggu tidak teratasi atau nyeri akut dengan adanya kecurigaan trauma.
Jika nyeri punggung yang dirasakan sudah masuk kriteria nyeri sedang sampai nyeri berat, saat dimana sudah tidak dapat lagi diatasi dengan memperbaiki postur, istirahat atau dengan kompres dingin/hangat.

Terapi apa yang dibutuhkan..?

Setelah konsultasi dengan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik maka akan dilakukan assesment/pemeriksaan dan diberikan tindakan dengan modalitas, obat/medikamentosa, exercise atau dapat juga alat proteksi punggung/korset.

Bagaimana pencegahan LBP supaya tidak terulang..?

Pertama, dengan memperbaiki dan mempertahankan postur tubuh yang baik saat duduk, berdiri, atau saat mengambil benda berat.
Kedua, dengan tetap aktif. Jika dalam beraktifitas harus seimbang, sehingga tidak terlalu berlebihan atau terlalu kurang gerak.

Karena kalau kurang gerak, otot akan mengalami kekakuan hingga menyebabkan nyeri punggung/pinggang. Demikian pula apabila otot bekerja terus menerus tanpa istirahat, akan menyebabkan fatique/ kelelahan atau dapat juga cedera otot.

Sehingga otot harus diposisikan pada keadaan yang seoptimal mungkin. Cara menjaganya adalah dengan latihan peregangan dan latihan penguatan otot-otot punggung. (Red).

Penulis : dr. Yenni Sp.KFR Rumah Sakit Annisa Bogor.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional