Menu

Kabid Pengelolaan Sampah DLH Angkat Bicara Terkait Kali Kompa

  Dibaca : 32 kali
Kabid Pengelolaan Sampah DLH Angkat Bicara Terkait Kali Kompa
Bogor, rakyatbicara.co.id – Terkait penumpukan sampah dan pendangkalan kali Kompa seperti yang ditayangkan media online rakyatbicara.co.id beberapa waktu yang lalu, mendapat tanggapan serius dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.
Terkait hal tersebut kepala bidang (Kabid) pengelolaan sampah Ismambar Fadli SE, MSi angkat bicara dan disampaikannya pada media online rakyatbicara.co.id diruang kerjanya, Pada Rabu (08/09/2021) Pukul 14.11.24 Wib.
Ini sebenarnya bukan ranah DLH, karena dari beberapa aliran baik itu sungai, Setu dan sebagainya ada wilayahnya masing-masing kewenangannya. kalau itu setu BWS, kalau itu kali antar Kabupaten, Kota SDA propinsi, kalau itu setu ke setu seperti kali Kompa PUPR, akan tetapi karena ada sampah pada bulan April yang lalu, saya perintahkan pak Asep untuk mencari alat berat yang penting airnya mengalir,” ucap Fadli.
Namun untuk kedepannya harus dikoordinasikan, karena ini adalah kewenangan PUPR tidak mungkin kita tangani, untuk kewenangan dan tanggung jawab kita adalah sampah di darat sebenarnya.
Di karenakan posisinya di air, itu sudah ada kewenangan, kalau di darat kapanpun akan kita angkut, tapi kalau di air itu kewenangannya kita harus izin. seperti yang terjadi di kali cikema itukan kewenangan PSDA. akan tetapi mereka mempunyai keterbatasan, keterbatasan SDM, keterbatasan alat dan sebagainya, nah koordinasilah dengan kami oke kami bantu.
Akan tetapi kedepannya tolong jangan di kembalikan pada kami, titik -titk dimana yang banyak sampah ayo sebulan sekali kita bersihkan, jika kewenangan pada kami salah. Namun marilah kita kordinaskan, contoh sampah dipinggir kali jalan raya Jakarta-Bogor ( kali baru ).
“Nah untuk persoalan sekarang, saat itu kita sudah bicarakan dengan Wiwik (Upt irigasi) karena itu bukan sampah tapi pendangkalan, nah kebetulan media online rakyatbicara.co.id tayangkan, dan kita langsung koordinasikan dengan Kepala UPT yang baru ( Asman Dilla ) dan Senin kita tinjau kelokasi tapi tidak mungkin kita sampai ketitik, akhirnya kita tinjau pada hari selasa kemarin dengan menggunakan perahu karet, kita data dan lain sebagainya.
Nah besok kita akan adakan rapat dengan UPT irigasi, BWS, ini harus bagaimana karena secara teknis mereka yang tau, apalagi ini bukan sampah tapi tanah/lumpur. kalau soal angkut kita siapkan aramada yang penting kapan akan dilaksanakan, kita saling koordinasi karena untuk kepentingan masyarakat,” terang Ismambar Fadli. (RB).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional