Operasi Bersih DLH Bogor Angkut ” Sampah Liar ” Di Kali Baru Timur

Bogor, rakyatbicara.co.id – Operasi Bersih  Dinas Lingkungan Hidup ( DLH )  mengangkat dan mengangkut sampah yang menumpuk dipinggiran sungai kali baru timur RT 03/RW 03 Desa Cijujung, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Untuk kegiatan itu Dinas Lingkungan Hidup menurunkan sebanyak 5 armada dam truck dengan sekitar 100 personil pasukan orange, Pada Kamis, (22/09/2021).
Informasi yang dihimpun di lapangan
tumpukan sampah dipinggir badan kali baru timur yang tepatnya didepan ex pabrik Eversintek ini adalah sampah yang dikelola dan atau dikoordinir oleh ketua Rukun Tetangga ( RT 03 ) Rukun warga ( RW 03 ) Desa Cijujung Kecamatan Sukaraja. Yang belum dan tidak ada penampungan awal atau tempat penampungan sementara ( TPS ).
Seperti yang disampaikan Nasrul Ketua RT 03 pada rakyatbicara.co.id dilokasi,” Ini sebenarnya kita meneruskan dari kepengurusan yang lama ( RT sebelumnya), dan beberapa tahun yang lalu kita pernah ajukan kedinas terkait untuk pengadaan penampungan resmi ( TPS ) akan tetapi tidak disetujui oleh pak Camat, dengan alasan ini dipinggir kali dan nanti akan banyak warga lainnya akan buang kesini,” Imbuhnya.
IMG 20210924 WA0033 rakyatbicara.co.id
“Dan ini sebenarnya kita sudah bekerjasama dengan pihak terkait, Dan sudah diangkut seminggu sekali, Akan tetapi sepertinya warga masyarakat yang membuang sampahnya disini bukan hanya warga RT 03 saja, Dan Insya Alloh untuk selanjutnya kita akan bermusyawarah agar bagaimana kedepannya agar lebih terkontrol dan tidak seperti ini lagi,” Nasrul.
Dilain sisi Kasie pengelolaan sampah, mengatakan apapun bentuknya sampah kita akan angkat dan angkut karena tanggung jawab kita.
IMG 20210924 WA0032 rakyatbicara.co.id
“Ini bagian dari program Operasi bersih sampah di bawah tanggung jawab kita ( DLH ), Walaupun kita tidak tahu ini sampah dari mana sebenarnya, apakah benar-benar sampah warga sekitar atau bukan, dan siapa yang bertanggung jawab, untuk itu hari ini kita angkat dan bersihkan. Untuk kegiatan operasi bersih hari ini kita terjunkan sebanyak 5 armada dam truck pengangkut sampah serta sebanyak sekitar 100 personil pekerja atau pasukan orange,” Ujar Syihabudin Asep Saripudin.
IMG 20210924 WA0034 rakyatbicara.co.id
Sementara Kasubag UPT sampah Cibinong Maman saat dikonfirmasi terkait pengelolaan dan pengangkutan sampah yang disampaikan Nasrul Ketua RT 03. Enggan berkomentar. Namun dia mengatakan,” Kedepan kita akan buatkan penampungan sementara yang akan kita cor dan kita bentengi agar sampahnya tidak jatuh ke sungai atau kali,” Urainya.
Persoalan sampah memang tidak habis-habisnya, bukan hanya di Kabupaten Bogor,bahkan di seluruh Nusantara dan dunia, oleh karenanya menjadi tanggung jawab kita bersama, serta kesadaran individu masyarakat. (RB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.