Taman di Kabupaten Bogor Sudah Bisa Dinikmati Masyarakat

Cibinong, rakyatbicara.co.id – Taman-taman di Kabupaten Bogor mulai dibuka kembali usai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun ke level dua.

 

Bupati Ade Yasin mengatakan, ada delapan taman publik di Kabupaten Bogor yang sudah dibuka. Di antaranya, Taman Pancakarsa, Taman Situ Plaza dan Alun-alun Cirimekar di Cibinong. Lalu Tugu Pancakarsa dan beberapa taman lainnya di kecamatan juga sudah diperbolehkan buka.

 

“Sudah ada relaksasi ya, dari PPKM level 3 jadi level 2. Kegiatan outdoor itu lebih bagus daripada di dalam, jadi kita buka taman-taman yang ada di Kabupaten Bogor,” kata Ade Yasin, Minggu (20/3).

 

Dia pun sudah mencoba beberapa fasilitas umum tersebut pada Sabtu 19 Maret kemarin. Bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ade Yasin mengelilingi taman-taman itu dengan berolahraga.

 

Kata Ade Yasin, dengan dibukanya taman-taman tersebut, masyarakat bisa menggunakannya kembali untuk berolahraga dengan keluarga hingga rekreasi. Dengan catatan, tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

 

“Kami sediakan seperti di Taman Pancakarsa ada lapangan basketnya, fitnes juga dan lainnya. Bebas digunakan siapa saja yang penting prokes diterapkan, cuci tangan, jangan berkerumun,” jelasnya.

 

Sementara, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika mengatakan, meski telah dibuka, pihaknya bersama beberapa dinas terkait tetap menyiagakan Park Ranger untuk menertibkan pengunjung yang berkerumun dan tidak melaksanakan prokes.

 

“Iya ada petugas juga yang berjaga. Kalau terlalu penuh berarti petugas kita mengingatkan gitu ya posisinya,” terangnya.

 

Namun, sambung Ajat, hingga saat ini Pemkab Bogor belum mengatur jam operasional di sejumlah taman. Sebab, ada taman yang punya suasana indah jika dikunjungi pada malam hari.

 

“Setiap tempat beda-beda jam operasionalnya. Tapi setidaknya memang sampai jam 6 sore gitu. Tapi kan gini, Tugu Pancakarsa kan indahnya justru malam. Jadi beda-beda, tidak bisa diperlakukan sama. Kecuali taman tematik, memang siang saja,” katanya.

 

Terpisah, Plt Kasatpol PP, Iman W Budiana, menjelaskan, dari awal PPKM pihaknya telah menyiagakan petugas di beberapa fasilitas publik. Sehingga tak ada orang yang masuk ke area publik selama PPKM.

 

“Dari awal petugas Satpol PP sudah siaga. Begitu juga saat ini ketika sejumlah fasilitas publik mulai dibuka, Park Ranger gabungan dari beberapa dinas mulai siaga,” ungkapnya.

 

Iman juga mengaku ada beberapa titik petugas yang disiagakan, mulai dari Taman Pancakarsa, pedestrian Sentul, Stadion Pakansari, Taman Pancakarsa dan beberapa taman lainnya.(rn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.