Dukungan Mengalir Atas Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional KH. Ahmad Hanafiah

Lampung Timur, rakyatbicara.co.id – Dukungan penuh disampaikan oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) Musanif Efendi Yusnida,SH.MH atas usulan gelar Pahlawan Nasional atas nama KH. Ahmad Hanafiah asal Desa Sukadana Kecamatan Sukadana.

Usulan tersebut akan diajukan oleh Bupati Kabupaten Lampung Timur Dawam Rahardjo kepada Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi melalui Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Lampung Timur.

Ketua PWI Lampung Timur mendukung adanya usulan gelar Pahlawan Nasional kepada KH. Ahmad Hanafiah, Putera Daerah Kabupaten Lampung Timur yang berjasa dan mempertaruhkan nyawanya untuk Nusa dan Bangsa.

“Kami insan pers mendukung penuh atas adanya usulan Putra Daerah Kabupaten Lampung Timur menjadi pahlawan nasional. Beliau gugur di medan tempur untuk membela negara kesatuan republik Indonesia,” kata Efendi Ketua PWI Lampung Timur pada Jum’at, 8 April 2022 jam 10.17 WIB.

Sebelumnya, dukungan juga telah disampaikan oleh Kasdim Mayor Kav. Joko Subroto atas pengusulan gelar Pahlawan Nasional atas nama Kyai Haji Ahmad Hanafiah pada saat diskusi TP2GD Lamtim di aula utama Pemdakab Lamtim pada Kamis, 7 April 2022.

“Gelar Pahlawan pejuang kita Lampung khususnya di wilayah Lampung Timur di Sukadana, beberapa tahapan yang telah dilaksanakan tadi sudah dipaparkan oleh Pembantu rektor UIN Lampung dan tim mungkin sudah cukup lama prosesnya,” kata Mayor Kav. Joko Subroto.

“Terimakasih pak Asisten dikesempatan ini kami diundang, untuk bersama-sama membahas Pahlawan kita dari Lampung Timur. Kalau kita melihat apa yang disampaikan tadi beberapa upaya yang sudah dilaksanakan. Baik itu temuan hasil karya beliau di masa Perjuangan, kurang lebih 40 tahun. Mulai dari jaman Jepang, Belanda sampai merdeka, beliau ikut berjuang didalamnya,” ujar Kasdim.

“Kemudian, beberapa upaya juga sudah dilaksanakan untuk mencari sumber berita yang mendekati kebenaran, wawancara terhadap beberapa sumber, atau mungkin keluarga yang insyaallah nanti kita akan berbagi,” terangnya.

“Rencana kedepannya, apa yang kita programkan ini sehingga harapannya nanti bisa terwujud dan terealisasi. Bahwasanya di Lampung ini memang ada Pahlawan Nasional yang memenuhi syarat dan memang cocok beliau untuk dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional khususnya Bapak Kyai Haji Ahmad Hanafiah,” tegasnya.

“Kalau kita lihat persyaratan secara umum maupun khusus ini sudah sangat-sangat memenuhi syarat. Jelas beliau adalah warga negara kita asli apalagi warga negara di Lampung Timur. Beliau melakukan Perjuangan baik secara fisik, bersenjata maupun secara Agama,” kenangnya.

“Kalau kita lihat tadi Perjuangan beliau cukup panjang bahkan beliau tidak pernah menyerah dimasa perjuangannya terhadap pihak penjajah, itu dibuktikan sampai beliau wafat. Ini membuktikan bahwasanya beliau ini benar-benar Pahlawan yang perlu kita berikan penghargaan sebagai Pahlawan Nasional,” tutupnya.

Secara lisan, dukungan diberikan oleh Pihak Rektor UIN Lampung, Pengurus Veteran Lampung Timur, Tokoh Masyarakat dan menyusul dukungan dari Ketua PWI Lampung Timur, Musanif Efendi Yusnida,SH.MH.

Selain itu, dukungan dapat juga diberikan oleh seluruh elemen masyarakat atau stakholder Lampung Timur secara tertulis dalam bentuk surat pernyataan.

Surat Pernyataan tersebut merupakan salah satu syarat untuk pengusulan gelar Pahlawan Nasional atas nama KH. Ahmad Hanafiah.

(Ropian Kunang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.