KH. Ahmad Hanafiah Diajukan Bupati Lampung Timur Bergelar Pahlawan Nasional

Lampung Timur, rakyatbicara.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur akan mengusulkan nama Pahlawan asal Dusun 001 Sukadana Desa Sukadana Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur bernama Kiyai Haji Ahmad Hanafiah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Kabupaten Lampung Timur, Hi. Dawam Rahardjo, saat dikonfirmasi pada Minggu, 4 April 2022, seperti dikutip dari artikel tribunlampung.co.id

“Ya ini kan lagi proses, untuk kita ajukan sebagai pahlawan Nasional, Ahmad Hanafiah,” ujarnya.

Menurutnya, KH. Ahmad Hanafiah merupakan pejuang kemerdekaan dan seorang ulama.

“Sosok Ahmad Hanafiah adalah pejuang kemerdekaan sekaligus ulama yang berpengaruh dari Sukadana, Kabupaten Lampung Timur,” kata Dawam.

Menurutnya, pengajuan sebagai Pahlawan Nasional tersebut akan ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi.

“Ya langsung kita ajukan ini dengan pak Presiden Jokowi, saya mohon doanya dari segala kalangan,” tuturnya.

Dawam mengungkapkan, pengajuan KH. Ahmad Hanafiah sebagai Pahlawan Nasional ini, bekerjasama dengan UIN Raden Intan Propinsi Lampung.

“Kita kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, kemarin kita sudah ketemu lagi dengan pihak UIN RIL,” tutupnya.

Menurut Hanafi Tohir Mas Putra selaku cucu KH. Ahmad Hanafiah, dirinya hanya ahli waris biologis. Sementara perjuangan untuk Agama, Bangsa dan Negara ahli warisnya adalah seluruh rakyat Indonesia.

“Saya hanya ahli waris biologis, sementara perjuangan untuk Agama Bangsa dan Negara ahli warinya adalah kita semua khususnya masyarakat Lampung Timur, Lampung dan Indonesia pada umumnya,” tutur Hanafi.

(Ropian Kunang)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.