Waduk Pluit Penjaringan Banyak Sampah dan Eceng Gondok

Jakarta, rakyatbicara.co.id – Pemandangan kumuh terlihat kembali di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Di waduk seluas 80 hektare tersebut seharusnya di penuhi air, hampir separuhnya justru dipenuhi tanaman air jenis eceng gondok.

Selain itu, dari pantauan rakyatbicara.co.id juga terlihat ada satu ekskavator bertipe long mangkrak akibat tidak ada satu pun pekerja kebersihan DKI Jakarta.

Kondisi Waduk Pluit saat ini memuat sampah-sampah, endapan, dan banyak tumbuhan gulma eceng gondok. Warga berharap Waduk Pluit dibersihkan.

Dwi, salah satu pedagang kaki lima di sekitar waduk mengatakan tumpukan eceng gondok dan sampah liar tersebut sudah lama ada dan tak pernah ada langkah konkret.

Informasi yang diterima dari beberapa pedagang dan warga setempat, eceng gondok dan sampah tersebut sudah ada dalam beberapa bulan terakhir.

“Sudah begitu juga keberadaan eceng gondok tersebut menimbulkan bau tak sedap,” kata Dwi, pedagang yang akrab betul dengan kondisi waduk di depan hidungnya, saat ditemui di lokasi.

Selain eceng gondok, ada pelbagai macam sampah plastik berada di permukaan waduk. Terlihat sedimentasi waduk menyembul ke permukaan, seolah menanti dikeruk ekskavator.

“Ya kita meminta agar sampah dan tanaman liar itu segera dibersihkan, agar tidak menimbulkan kesan yang buruk,” Ujar Dwi.(bwo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.