Dinsos Kab. Bogor Sisir ODGJ, Ajal dan Pengemis di 6 Wilayah

Dinsos Kab. Bogor Sisir ODGJ, Ajal dan Pengemis di 6 Wilayah

Cibinong, rakyatbicara.co.id – Dinas Sosial Kabupaten Bogor terus melaksanakan aktivitas penjangkauan untuk Anak Jalanan (Anjal) serta Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di daerah Kabupaten Bogor. Perihal ini dicoba guna menekan keberadaan mereka spesialnya di jalan- jalan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Elvin Nila Hartini menuturkan, hingga saat ini aktivitas penjangkauan untuk para Anjal serta ODGJ terus dicoba Tim rescue berkolaborasi dengan Satpol- PP.

Ada pula daerah yang jadi sasaran pembedahan penjangkauan di antara lain, Simpang Ciawi, Gadog, simpang PDAM Cibinong, Cileungsi, Citeureup, Leuwiliang serta sebagian daerah yang lain.

“Kita tetap rutin melakukan penjangkauan dengan menurunkan tim rescue dengan Pol-PP,” ujar Nila kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

Walaupun demikian, tahun 2022 ini, kata ia, angka anak jalanan serta ODGJ di Kabupaten Bogor turun dari tahun sebelumnya sampai 15 persen.

“Ini karena kita sering melakukan operasi dan pembinaan, tapi memang pandemi Covid-19 juga sangat mempengaruhi hingga mereka kembali ke jalan,” ucapnya.

Lanjut ia, keadaan ekonomi sangat pengaruhi keberadaan Anjal, pengemis serta ODGJ. 2 tahun kemudian sampai dini 2022 pernah terdapat kenaikan keberadaan mereka, serta di tahun ini kembali turun.

“Banyak dari mereka memang lebih memilih di jalanan meski sudah diberikan pembinaan, bahkan dikembalikan pada keluarganya, itu yang sulit,” terangnya.

Namun begitu, ia tetap terus melakukan upaya agar mereka tidak menghiasi wilayah-wilayah strategis di Kabupaten Bogor.

“Karena dengan banyaknya keberadaan Anjal, pengemis dan ODGJ akan potret buruk bagi pemerintah kabupaten Bogor,” bebernya.

Sedangkan itu, salah satu masyarakat di Kecamatan Cibinong, Khairunisa mengaku setuju pembedahan Anjal, pengemis serta ODGJ sesering bisa jadi dicoba.

“Anak jalanan khususnya anak punk ini yang sangat mengganggu, dan mereka membuat takut Masyarakat khususnya pengguna jalan, kami sepakat mereka ditertibkan, dan simpan di tempat penampungan,” ungkapnya.

Terpisah, Kasi Pengendalian serta operasional Rama Kodara mengaku siap berkerjasama dengan dinas sosial bila memanglah diperlukan

“Kalau koordinasi dulu dengan kita di Pol-PP, pasti kami siap turunkan anggota untuk menertibkan para Anjal, pengemis dan ODGJ,” tandasnya. (roni)

Dinsos Kab. Bogor Sisir ODGJ, Ajal dan Pengemis di 6 Wilayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.