Ketua Umum Kaukus Muda Anti Korupsi “FILOSOFI KEHIDUPAN” 

Ketua Umum Kaukus Muda Anti Korupsi “FILOSOFI KEHIDUPAN”

Opini, rakyatbicara.co.id – Hidup itu tidak Linier seperti kenyataannya. Kadang yg indah itu belum tentu baik, atau kadang sebaliknya. Saya selalu menilai setiap kejadian seperti yang di syaratkan Ayat Suci Al Qur’an, Al-Baqarah 216 (“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu.Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyenangi sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”).

Kita sering terkecoh dengan banyak penampilan diluar. Seperti mereka terlihat Dermawan, padahal mereka pelit. Mereka menutupi kemunafikan dengan tampilan kedermawanan. Atau kita melihat mereka dari apa yang tampak, padahal mereka dipenuhi banyak kewajiban berat. Bisa jadi mereka terlihat baik, padahal hati mereka berbulu domba. Bisa jadi kita membencinya, padahal hati nya tulus dan ikhlas dalam berinteraksi sesama.

Ada peribahasa berkata, “Don’t Judge Book by It’s Cover”, jangan menilai sesuatu hanya dari tampilan luarnya saja. Karena itu tidak jarang kita bertemu hal-hal diluar prediksi kita.

Belum tentu semua orang gemar bersedekah, entah itu harta, nasehat atau amar ma’ruf nahi munkar. Justru banyak orang yang gemar bersedekah, diluar perkiraan kita. Itulah hidup berjalan dinamis tergantung bagaimana diri kita menjalaninya.

Maka bagiku, apapun itu, memaknai sesuatu sebagai Ujian dari Allah. Kita menerima yang baik dengan Alhamdulillah dan yang tidak baik dengan Syukur. Karena manusia diuji dengan kebaikan maupun keburukan. Hanya bagaimana hati kita menghadapinya, dengan ikhlas dan sabar.

Rasa ikhlas menjadikan segala sesuatu sebagai Ibadah akan membuat kita ringan dalam menjalankan sesuatu. Perjuangan yang didasari dengan semangat Ibadah, akan membuat hidup kita lebih Enjoy. Tapi jika didasari ambisius, akan terasa berat. Terlebih jika bertemu orang Munafik, hanya berpura2 baik tapi hatinya penuh kedengkian dan Ghibah. Bersyukur lah jika Allah lebih sering mempertemukan kita dengan orang-orang yang baik dan tulus apa adanya dalam sikap dan tutur kata.

Maka beruntunglah mereka yang senantiasa Istiqomah dalam Ujian Suka dan Duka. Karena tidak ada yang terjadi tanpa Kehendak Allah.
Kembali ke hati yg Fitri, saling memaafkan menjalani segala Dinamika Hidup dengan Lapang dan Ikhlas karena sesungguhnya tak ada yang abadi di dunia ini.

Dari Sudut Barat Bogor,
Ied Mubarak 1443 H, Days 4
Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir Batin

Jojo (Joko Priyoski, SE) / Ketua Umum Kaukus Muda Anti Korupsi “KAMAKSI”

“FILOSOFI KEHIDUPAN” Ketua Umum Kaukus Muda Anti Korupsi “FILOSOFI KEHIDUPAN”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.