Tingkatkan Pelayanan Medis, RS Annisa Gelar Inhouse Training BBLR

Tingkatkan Pelayanan Medis, RS Annisa Gelar Inhouse Training BBLR

 

Citeureup, rakyatbicara.co.id – Untuk lebih meningkatkan pelayanan keperawatan dalam penatalaksanaan dalam menghadapi kelahiran bayi berat badan lahir rendah (BBLR) di RS Annisa, manajemen RS Annisa mengadakan kegiatan Inhouse Training yang berlangsung di aula RS Annisa yang beralamat di Jl Raya Karanggan, Puspasari Citeureup, Kabupaten Bogor. Selasa, (14/6/2022).

Adapun tema dalam pelatihan tersebut adalah “Penatalaksanaan Pelayanan BBLR Pada Yankes Level Satu dan Dua”

Komite Keperawatan, Ns. Sarnah, S. Kep selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan, Mengapa BBLR bermasalah, Karena mengakibatkan morbiditas (angka kesakitan) dan mortalitas tinggi (angka kematian) maka butuh penanganan yang tepat dan cermat dari petugas pemberi layanan.

 

Bayi dengan BBLR cenderung hypoglikemi yang berakibat fatal sehingga harus dipantau dan di lakukan penatalaksanaan dan memenuhi kebutuhan glucosa untuk bayi BBLR

Masih kata Sarnah, “bayi dengan BBLR dan BBLSR sangat sensitif ,dengan kondisi suhu tubuhnya sehingga butuh penatalaksanaan dengan sistem termogulasi dengan cara pengelolaan mempertahankan suhu tubuh bayi diantaranya dengan cara “Pemancar panas, Inkubator, Metode kangguru, Pastik sheeting, topi”. Tambahnya.

Siti Nurhasanah Amd.Kep selaku pembicara juga turut menambahkan untuk menentukan usia gestasi dengan menggunakan metode Ballard dimana metode Ballard ini melalui penilaian Neuro muskular dan fisik.Penilaian neruromuskular meliputi postur, squarewindow, recoil lengan, sudutnya 6 pergelangan tangan, sudut poplitea, scarf sign.

Acara di mulai dengan membaca doa yang di pimpin oleh Ayu Irma, Amd. Keb selaku moderator dan kegiatan tersebut di ikuti oleh serulur perawat RS annisa. (red Heri/Ob).

Tingkatkan Pelayanan Medis, RS Annisa Gelar Inhouse Training BBLR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.