Ketua PWI-IKWI Lamtim Termuda Se-Lampung

Ketua PWI-IKWI Lamtim Termuda Se-Lampung

Lampung Timur, rakyatbicara.co.id – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ketua Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) merupakan ketua termuda se-Provinsi Lampung, Selasa (19/07/22).

Hari ini Senin 19 Juli 2022 adalah puncak Hari Ulang Tahun (HUT) IKWI ke 61 tahun, yang dilakukan secara zoom virtual dari Jakarta oleh KETUM dan Pengurus IKWI pusat bersama IKWI Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Nusantara. Perayaan HUT IKWI di lakukan dengan pemotongan tumpeng serentak se-indonesia oleh IKWI Provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Ketum PWI Pusat Atal S Depari di dampingi Ketum IKWI pusat Indah Kirana Atal S Depari membuka secara resmi perayaan HUT IKWI ke 61 secara zoom virtual. Rangakain perayaan HUT IKWI telah dilaksanakan sejak 2 Juli 2022 yakni IKWI Kabupaten Lamtim bersama IKWI Se-Provinsi Lampung serentak melakukan Bakti Sosial (Baksos) untuk penderita Stunting, IKWI Provinsi Lampung beserta IKWI Kabupaten/Kota telah melakukan IKWI Awards dan Talk Show pada Sabtu 16 Juli 2022 kemarin di Ballroom Hotel Sheraton Bandar Lampung, hari ini Selasa 19 Juli 2022 dilakukan pemotongan tumpeng serentak oleh IKWI se-Nusantara, lalu pada 31 Juli 2022 mendatang yang akan di ikuti oleh IKWI Provinsi dan IKWI Kabupaten/Kota Se-Lampung diadakan jalan sehat dipusatkan di Kota Bandar Lampung, berbagai macam Doorprize telah disediakan seperti 1 sepeda motor, beberapa kulkas, beberapa mesin cuci dan puluhan doorprize menarik lainnya.

Hari ini bertepatan dengan HUT IKWI ke 61 dinyatakan bahwa Ketua PWI Lamtim dan Ketua IKWI Lamtim merupakan ketua PWI dan Ketua IKWI termuda se-Provinsi Lampung. Diketahui Ketua PWI Lamtim Musannif Effendi Yusnida SH MH lahir pada tahun 1988 saat ini berusia 34 tahun dan istrinya yang juga sebagai Ketua IKWI Kabupaten Lamtim Yeni Puspita Sari S.ST lahir pada tahun 1994 saat ini berusia 28 tahun. Keduanya merupakan ketua PWI sekaligus ketua IKWI termuda dua periode se-Provinsi Lampung.

Ketua PWI Provinsi Lampung H Wirahadikusumah menuturkan, ada 14 kabupaten/kota Ketua PWI se-Provinsi Lampung, khusus untuk Kota Bandar Lampung tidak ada ketua PWI nya. “Dari 14 Ketua PWI Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung, Ketua PWI Lamtim yang paling muda sekaligus ketua IKWI nya. Saya titip jaga Marwah PWI di kabupaten/kota,” pungkasnya.

Ketua IKWI Provinsi Lampung Yeni Puspasari SE menerangkan, PWI dan IKWI merupakan organisasi PERS tertua di Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Keren Fendi dan Yeni sebagai ketua PWI dan IKWI termuda selampung, PWI adalah organisasi tertua dan diamanahkan ketuanya yang masih muda untuk memimpin organisasi PWI,” kata ketua IKWI Yeni Puspasari.

Ketua PWI Lamtim Musannif Effendi Yusnida SH MH yang biasa di sapa Fendi mengatakan, dirinya memang sebagai anggota biasa termuda di PWI Kabupaten Lamtim pada tahun 2017 lalu, saat itu dirinya dituakan oleh anggota biasa PWI Kabupaten Lamtim dan di pilih sebagai ketua PWI Lamtim dua periode yang terpilih secara aklamasi.

“Saat tahun 2017 awal saya memimpin PWI Lamtim saya adalah anggota termuda, Alhamdulillah dituakan menjadi ketua PWI Lamtim oleh seluruh anggota PWI kabupaten Lamtim saat itu. Lalu periode kedua yakni periode 2021-2024 saya kembali terpilih secara aklamasi. Alhamdulillah kebetulan saya juga sebagai ketua PWI termuda se-Provinsi Lampung,” papar pria berparas tinggi besar tersebut yang juga lulusan pasca sarjana Megister Hukum (MH) Universitas Bandar Lampung (UBL) yang lulus pada tahun 2016.

Menurutnya, PWI didirikan tanggal 9 Februari 1946 di Surakarta atau Solo, Jawa Tengah. Tanggal berdirinya PWI inilah yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional (HPN) dan diperingati setiap tanggal 9 Februari. “HPN ini bersamaan dengan HUT PWI diperingati setiap tanggal 9 februari, dan untuk HPN tahun 2023 akan diadakan di provinsi Sumatera Utara (Sumut) tepatnya di kota Medan,” terang MFY singkatan dari Nama Musannif Effendi Yusnida yang juga sebagai anggota Lembaga Advokasi Konsultan Hukum (LAKH) PWI Provinsi Lampung. Fendi juga diketahui telah disumpah pada tahun 2016 sebagai Advokat atau Pengacara dari PERADI oleh Pengadilan Tinggi Lampung, yang saat ini cuti sementara waktu sejak menjabat sebagai ketua PWI pada tahun 2017 lalu.

Sebagai organisasi kewartawanan, PWI sebenarnya punya sejarah panjang. Bahkan, sebelum Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, sudah ada wadah jurnalistik untuk para wartawan pribumi pada masa kolonial Hindia Belanda, dan itulah embrio dari PWI yang masih eksis hingga saat ini.

“PWI merupakan organisasi pers tertua di Indonesia, khusus untuk PWI Kabupaten Lamtim, Alhamdulillah dari 48 anggota PWI Lamtim terdapat 37 anggota PWI yang sudah kompeten dan telah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), namun 2 orang anggota PWI Lamtim beberapa bulan yang lalu telah meninggal dunia, dan saat ini seluruh anggota PWI Lamtim tercatat 46 anggota yang dinyatakan kompeten tercatat 35 anggota,” papar Fendi yang merupakan Penyimbang Tokoh Adat Lampung bergelar Pengiran Kanjeng Tuan Agung sebagai Tuho Rajo (Pemimpin) Bilik Libo di kampung Kedaton Buay Nuat Lampung Timur.

Ketua IKWI Lamtim Yeni Puspita Sari S.ST menambahkan, dirinya sebagai istri dari ketua PWI Lamtim secara otomatis menjadi ketua IKWI PWI Lamtim, yang mana IKWI ini merupakan organisasi yang beranggotakan istri anggota PWI. “IKWI ini seperti Dharmawanitanya ASN, Alhamdulillah kegiatan IKWI dikabupaten Lamtim seperti Baksos, Seminar dan lain-lain terselenggara dengan baik, IKWI Lamtim tergabung didalam Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lamtim, akhir bulan ini tepatnya pada 31 Juli 2022 akan diadakan jalan sehat di Bandar Lampung dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun IKWI ke 61 tahun,” tutup Yeni sapaan akrabnya yang tercata sebagai lulusan D4 Kebidanan di Jakarta tersebut.(Rop/Arm)

Ketua PWI-IKWI Lamtim Termuda Se-Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.