Secara Resmi, Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Ke-2 Dibuka Dandim 0429/Lamtim

Secara Resmi, Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Ke-2 Dibuka Dandim 0429/Lamtim

Lampung Timur, rakyatbicara.co.id – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, S.H secara resmi membuka Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Ke-2 Semester I TA 2022, bertempat di Lapangan Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Rabu (6/7/2022).

Turut hadir Ka Kwarcab Lampung Timur

yang di wakili Drs. Ahmad Zainudin, MAP selaku Ketua Harian Kwarcab Lampung Timur, Perwira Staf Kodim 0429/Lamtim, Danramil jajaran Kodim 0429/Lamtim, Camat Labuhan Ratu Defri Irwansyah, Kapolsek Labuhan Ratu Iptu Mardiansyah, Kades Rajabasa Lama II Jumadi, Ka Kwaran Kecamatan Labuhan Ratu, Para Pimpinan Saka Koramil, Kakak Pembina, Pamong Saka, dan Dewan Kerja Saka, para pendamping serta peserta Pramuka Saka Wira Kartika.

Mengawali sambutanya, Letkol Czi Indra Puji Triwanto S.H selaku Kamabisaka Saka Wira Kartika Kodim 0429/Lamtim mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan, kepala Desa Rajabasa Lama Il yang sudah menyediakan tempat dan segala sesuatunya untuk mendukung kegiatan ini. Serta para dewan kerja, pelatih dan pembina, serta adik-adik Pramuka yang telah meluangkan waktu, tenaga, pikiran untuk hadir di acara perkemahan ini.

“TNI AD dalam melaksanakan pemberdayaan

wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan Pembinaan Teritorial yang pada hakekatnya ialah penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang dibina

secara dini untuk dibangun, dipelihara, dan ditingkatkan”, ujar Dandim.

“Salah satu upaya yang dilakukan TNI AD dalam membantu pemerintah menyiapkan kekuatan pendukung secara dini adalah dengan cara membentuk Satuan Karya Saka Wira Kartika guna meningkatkan Pembinaan bagi generasi muda melalui pembinaan gerakan Pramuka Pembinaan generasi muda oleh TNI AD dalam wadah Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh TNI AD diperuntukkan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega guna membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara”, ujar Dandim.

“Selain dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan dan upaya penghilangan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam kehidupan masyarakat. Pembinaan ini juga bertujuan memberikan keterampilan kepada anggota SWK yang diwadahi ke dalam Lima Krida yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Mountaineering, Krida Pioneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana sebagai bekal nantinya dalam bekerja dan mengabdi kepada masyarakat”.

Dandim juga menyampaikan beberapa tujuan diadakanya perkemahan SWK Ke-2 oleh Kodim 0429/Lamtim, diantaranya, terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki keterampilan sesuai dengan Krida Saka Wira Kartika, kesadaran dalam membela negara Indonesia, tumbuhnya kebanggaan generasi muda sebagai warga negara Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika, terbentuknya fisik dan mental serta kepribadian yang baik di kalangan generasi muda dalam menghadapi berbagai pengaruh negative serta terbentuknya generasi muda yang mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai norma masyarakat”.

Sebelum mengakhiri amanatnya Dandim berpesan kepada seluruh peserta perkemahan,”tingkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter Bangsa bagi generasi muda. Jaga keamanan pada saat melaksanakan kegiatan untuk menghindari hal-hal yang bisa berakibat tidak baik untuk adik-adik semua, serta jaga perilaku dalam pergaulan selama pelaksanaan kegiatan perkemahan ini, ambil ilmu yang

telah diberikan para instruktur sehingga sekembalinya adik-adik berkemah ada bekal untuk diri pribadi, keluarga, dan lingkungan”, pungkas Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, S.H.(Rop/Tar)

Secara Resmi, Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Ke-2 Dibuka Dandim 0429/Lamtim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.