Waspadai Curah Hujan Tinggi di Bogor, Beberapa Titik Terdampak Banjir

Waspadai Curah Hujan Tinggi di Bogor, Beberapa Titik Terdampak Banjir

Cibinong, rakyatbicara.co.id – Curah hujan dengan intensitas cukup tinggi pada Jumat sore (14/07/2022) sehingga mengakibatkan beberapa titik di Kelurahan Pakansari terdampak banjir pada perumahan dan pemukiman warga.

Berdasarkan Informasi yang di himpun dari beberapa sumber ada 5 RW terrendam banjir setinggi pinggang orang dewasa.

Menurut keterangan Lurah Pakansari, Masturo pada rakyat bicara di ruang kerjanya, Senin (18/07/2022).

Waspadai Curah Hujan Tinggi di Bogor, Beberapa Titik Terdampak Banjir
“Betul dampak hujan dengan intensitas curah air hujan yang tinggi pada Jum’at sore ada 5 RW terdampak banjir setinggi pinggang orang dewasa di wilayah kita¬† Kelurahan Pakansari,” Ungkapnya.

Masturo menjelaskan, mulai dari hari Jumat sampai Sabtu pagi curah hujan sangat tinggi, sehingga meluapnya beberapa aliran anak sungai mulai dari kali Cikupa, Setu Cikaret, Selokan GOR Pakansari ke Setu Kebantenan.

“hujan deras yang berlangsung beberapa jam pada Jumat sore dilanjutkan pada Sabtu pagi sehingga mengakibatkan meluapnya beberapa aliran sungai atau kali, diantaranya,Kali Cikumpa yang mengarah ke Setu Cikaret, selokan GOR pakansari ke Setu Kebantenan.”terangnya.

Masih menurutnya, Salah satu faktor hujan ini juga akibat tersumbatnya beberapa drainase, akibatnya aliran sungai tidak mampu menampung tingginya debit aliran air. Ia, juga mewanti wanti kepada masyarakat agar siaga akan datangnya banjir susulan.

“Banjir ini terjadi akibat meluapnya aliran sungai atau kali yang tidak mampu menampung tingginya debit aliran air. Selain itu juga tersumbatnya drainase. Untuk itu warga di minta mewaspadai ketika datang hujan dengan intensitas tinggi, karena di kawatirkan datangnya banjir susulan.”ujarnya.

Berikut ini data wilayah terdampak banjir ;

  1. RW 07 (Pabrik Kulit) RT 04 sebanyak 25 KK, RW 05 RT 01 75 KK
  2. Perumahan Warta Wangsa dan Warga Sekitar , RT 02 10 KK
  3. Ponpes Roudhatul Mubtadiin dan Warga , RW 04 meliputi RT 01,02,03 RT 05 sebanyak 100 kepala keluarga sedangkan RW 08 sebanyak 15 kepala keluarga di RT 02 kampung Sarimulya. Dampak meluapnya kali Cikumpa.
  4. RW 09 / RT 04 sebanyak 75 kk
  5. Perumahan Golden Park Blok E , RT/ 05, 8 kepala keluarga Perumahan Cluster Cibinong , RT 03 sebanyak 2 KK, RT 04 Mushola Al Hikmah dan rumah Warga sebanyak 5 ( KK ) , RT 05 pada perumahan Mutiara Hijau

Sebanyak 75 kepala keluarga (KK) ini dampak dari tidak lancarnya aliran air pada drainase GOR Pakansari dan sekitarnya yang sedianya bermuara pada Situ Bantenan .

Waspada akibat berkurangnya lahan resapan air serta penyempitan dan pendangkalan sungai atau kali berakibat BANJIIR…!!!(Roni Baron)

Waspadai Curah Hujan Tinggi di Bogor, Beberapa Titik Terdampak Banjir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.