Acara Tradisi Keceran Digelar Padepokan Kesti TTKKDH Lamtim Dihadiri Kasat Binmas

Acara Tradisi Keceran Digelar Padepokan Kesti TTKKDH Lamtim Dihadiri Kasat Binmas

Lampung Timur, rakyatbicara.co.id – Acara Keceran Kesenian Tradisional (Kesti) Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) dihadiri oleh AKP. Surya Dinata,SH Kepala Satuan (Kasat) Pembinaan Masyarakat (Binmas) Kepolisian Resort (Polres) Lampung Timur (Lamtim).

Pelaksanaan kegiatan acara keceran tersebut berlangsung di Padepokan Kesti TTKKDH Desa Muara Jaya Kecamatan Sukadana pada Kamis, 13 Oktober 2022 pukul 19.30 WIB.

Dikesempatan itu, Kasat Binmas, AKP. Surya Dinata memberikan pengarahan dan himbauan agar masyarakat dan pemuda tetap dapat menjaga situasi Kamtibmas, persaudaraan dan tidak main hakim sendiri.

“Kami himbau kepada bapak-bapak dan pemuda agar dapat berperan aktif untuk menjaga keamanan dilingkungan masing-masing,” kata AKP. Surya Dinata.

Adapun caranya, dengan meningkatkan kegiatan Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) untuk melakukan ronda malam.

“Dengan cara meningkatkan kegiatan Poskamling, jaga malam, lebih baiknya punya nomor kontak call center sebagai antisipasi bila dalam keadaan darurat,” tegas Kasat Binmas itu.

Ketua DPP Kesti TTKKDH Lampung Timur, H.M.Yusuf,HR mengatakan Keceran merupakan tradisi Perguruan Pencak Silat Cimande dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Keceran merupakan salah satu tradisi di perguruan silat Cimande dalam rangka memperingati hari kelahiran Rosulullah SAW,” tutur H.M. Yusuf HR.

Keceran adalah upaya membersihkan mata atau mempertajam penglihatan dan bermakna membersihkan hati dan niat agar fokus beribadah.

“Keceran sendiri adalah sebagai usaha membersihkan mata dan mempertajam penglihatan yang bermakna juga membersihkan hati dan niat agar fokus beribadah,” terang Ketua Kesti TTKKDH tersebut.

Untuk tahun 2022 ini kegiatan Keceran diselenggarakan di Padepokan Kesti TTKKDH Lampung Timur tepatnya di Desa Muara Jaya Kecamatan Sukadana.

“Keceran biasanya dilakukan di masing-masing Padepokan, untuk tahun ini kita laksanakan di Padepokan Kesti TTKKDH Lampung Timur Desa Muara Jaya Sukadana, mengingat selama 2 tahun tidak ada kegiatan karena pandemi Covid-19,” tutup Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Pemdakab Lamtim itu.

(Ropian Kunang)

Acara Tradisi Keceran Digelar Padepokan Kesti TTKKDH Lamtim Dihadiri Kasat Binmas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *