Geladi Bersih ANBK SDN 2 Sukadana Pasar Dikunjungi BPMP Lampung

Geladi Bersih ANBK SDN 2 Sukadana Pasar Dikunjungi BPMP Lampung

Lampung Timur, rakyatbicara.co.id – Gladi Bersih Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada jenjang Sekolah Dasar telah dilaksanakan di UPTD SDN 2 Sukadana Pasar Kecamatan Sukadana pada Senin, 17 Oktober 2022.

Rangkaian ANBK di UPTD SDN 2 Desa Sukadana Pasar sesuai tahapan yang dijadwalkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Tahap I, simulasi ANBK dilaksanakan pada 20 September 2022. Tahap II, geladi bersih ANBK tepat dihari Senin, 17 Oktober 2022. Tahap III, ANBK utama akan dilaksanakan pada, 24 Oktober 2022 mendatang.

ANBK adalah program evaluasi pembelajaran yang diikuti oleh Kepala Sekolah, tenaga pendidik dan para terdidik kelas 5. Tujuan untuk menguji beberapa aspek penilaian yang meliputi asesmen kompetensi minimum (AKM), survey karakter dan survey lingkungan belajar.

Geladi bersih ANBK di UPTD SDN 2 Sukadana Pasar mendapat kunjungan I Wayan Suwiyarsa,M,Pd dan Yahya Hartowo Nopianto,SE dari Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung.

“Kedatangan kami bertujuan untuk memastikan seluruh sekolah dasar bisa melakukan gladi bersih ANBK berkaitan dengan persiapan pelaksanaan Asesmen pada tanggal 24 Oktober 2022,” kata Wayan kepada Tim kreatif SDN 2 Sukadana Pasar.

Ia berharap agar pelaksanaan ANBK dapat berjalan dengan baik tanpa kendala. Karena, pelaksanaan ANBK akan mempengaruhi rapor pendidikan sekolah masing-masing.

Pengamatan Tim Monev BPMP Provinsi Lampung dilakukan oleh Zainuri Rahmad Widodo selaku staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Timur dengan hasil yang menunjukkan bahwa kegiatan gladi bersih ANBK dan persiapan ANBK UPTD SDN 2 Sukadana Pasar telah memenuhi persyaratan.

Ucapan puji syukur disampaikan oleh S

Kepala UPTD SDN 2 Sukadana Pasar telah melaksanakan kegiatan geladi resik tentang ANBK.

“Alhamdulillah, kami dari UPTD SDN 2 Sukadana Pasar pada hari ini telah melaksanakan gladi resik yaitu tentang ANBK,” tutur Samsuri,S.,Pd.SD.

Sekaligus ia mengucapkan terimakasih

kepada badan penjamin mutu pendidikan (BPMP) Propinsi Lampung.

“Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada badan penjamin mutu pendidikan Provinsi Lampung yang telah hadir ke UPTD SDN 2 Sukadana Pasar,” kata Kepala UPTD SDN 2 Sukadana Pasar tersebut.

Tujuan memantau persiapan untuk assessment nasional berbasis komputer (ANBK) utama yang akan dilaksanakan pada, 24 Oktober 2022 mendatang.

“Untuk memantau langsung persiapan untuk ANBK utama yang akan dilaksanakan yang akan dilaksanakan pada tanggal 24,” terangnya.

Kegiatan tersebut telah dilaporkannya kepada tim monitoring dan evaluasi (Monev) yang dihadiri oleh I Wayan dari BPMP Lampung dan Zainuri dari Disdikbud Lamtim.

“Dimana ada beberapa jenjang yang telah kami lakukan dan laporkan kepada tim monev yang hadir pada hari ini pak Wayan dan teman-teman serta pak Zainuri dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Timur,” jelas Sam panggilan Samsuri.

Pertama kali pihaknya melaksanakan tahapan simulasi pada tanggal 20 September 2022 dan tahapan kedua geladi resik pada 17 Oktober 2022.

“Yang pertama kami telah melaksanakan tahapan yang pertama, yaitu simulasi yang dilaksanakan pada tanggal 20 September, kemudian geladi resik pada hari ini pada tanggal 17 Oktober,” imbuhnya.

Untuk tahapan ketiga ialah ANBK utama yang mana kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2022 mendatang.

“Dan insyaallah akan dilaksanakan tahapan yang terakhir yaitu ANBK utama yang insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober yang akan datang,” ujarnya.

Kepala UPTD SDN 2 Sukadana Pasar berterimakasih kepada BPMP Propinsi Lampung yang telah memantau bersama pihak Disdikbud Lamtim.

“Kami atas nama Pimpinan dan dewan guru mengucapkan terimakasih kepada BPMP Propinsi Lampung, yang telah hadir memantau, begitu juga dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Timur yang juga telah turut serta hadir,” ucapnya.

Jika Allah berkehendak kedepannya

tenaga pendidik dan terdidik yang akan melaksanakan ANBK berjalan lancar.

“Insyaallah kedepannya baik guru maupun siswa yang melaksanakan ANBK utama dapat berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan apapun.”

Ia berharap nilai raport pendidikan UPTD SDN 2 Sukadana Pasar hasilnya dapat memuaskan menjadi yang terbaik.

“Mudah-mudahan, nilai raport pendidikan UPTD SDN 2 Sukadana Pasar dapat bernilai bagus ataupun dapat menilai kinerja kompetensi guru yang terbaik,” harapnya.

(Ropian Kunang)

Geladi Bersih ANBK SDN 2 Sukadana Pasar Dikunjungi BPMP Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *