Memberikan Kontribusi Besar Terhadap Pembangunan Bangsa dan Negara

Memberikan Kontribusi Besar Terhadap Pembangunan Bangsa dan Negara

Jakarta, rakyatbicara.co.id – Bertempat di Aula Kampus Pasca Sarjana Universitas Kristen Indonesia jalan Diponegoro nomor 84-86, Sabtu (29/10/2022) dalam rangka Dies Natalis Program Pascasarjana ke 27 yang dirangkai dengan acara bedah buku karya Dr. M. L. Denny Tewu, SE., MM “HOW TO DEVELOP CORPORATE IN INDONESIA ESPECIALLY IN REGION” yang dihadiri oleh Direktur Program Pasca Sarjana Prof. Dr. dr. Bernadetha Nadeak, MPd., PA, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi UKI Dr. Hulman Panjaitan SH., MH, Penulis buku Dr. M. L. Denny Tewu, SE., MM, Prof. Ir. Roy H. Sembel, MBA, Ph.D Guru Besar Ekonomi Keuangan Dalam dan Luar Negeri sebagai pengulas dan Singgih Sasongko, S.IP., M. Si. Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UKI sebagai Moderator, juga para dosen, Mahasiswa, dan alumni.

Dalam sambutannya Direktur Program Pasca Sarjana Prof. Dr. dr. Bernadetha Nadeak, MPd. PA mengatakan, dengan acara bedah buku ini akan menambah wawasan keilmuan bagi Dosen, Praktisi, pelaku bisnis, Mahasiswa dan juga organisasi lain dan bahkan pemerintah daerah yang dapat memanfaatkan buku ini untuk dapat meningkatkan kemampuan sumber daya mereka melalui strategi yang ada dalam buku yang ditulis oleh Denny Tewu , Dosen dari Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana UKI.

“Silahkan baca bukunya pasti bermanfaat buat kita semua,” ucap Prof. Dr. dr. Bernadetha Nadeak, MPd. PA.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi UKI Dr. Hulman Panjaitan SH. MH

mengapresiasi khususnya ditahun kolaborasi ini, sebagai bukti kolaborasi yang dicanangkan Rektor UKI yang merupakan kolaborasi antara program Pasca sarjana khususnya Prodi Manajemen UKI Press dan UPT perpustakaan UKI.

Kata Hulman, ini menunjukan bahwa Dies Natalis yang ke 27 untuk Program Pasca Sarjana bukan usia yang muda lagi, tetapi ini sudah menunjukan usia yang matang dan kami melihat perjalanan Program Pasca Sarjana memang sangat mendukung terhadap perolehan Akreditasi UKI yang Unggul.

“Kami mengikuti jejak program Pasca Sarjana dimana terdapat 8 Prodi dengan kinerjanya yang luar biasa di bidang Tridarma Perguruan Tinggi. Kami berharap 8 prodi yang ada di Program Pascasarjana UKI kalau boleh setiap bulan dilakukan acara bedah buku, untuk meningkatkan keilmuan civitas akademikanya. Kami melihat bahwa ini merupakan bukti bahwa dosen-dosen di Program Pasca Sarjana, sangat produktif dalam menulis,” ujar Hulman bangga.

Oleh karena itu lanjut Hulman, publikasi karya tulis apakah itu dalam bentuk buku khususnya, sedapat mungkin dapat secara rutin dilaksanakan di Program Pasca Sarjana.

“Saya yakin bahwa tiap bulan nanti akan ada bedah buku untuk di Program Pasa Sarjana yang dihasilkan oleh dosen-dosen kita. Sehingga tidak hanya bermanfaat untuk institusi saja , tetapi bermanfaat juga bagi bangsa dan Negara dan memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan Bangsa dan Negara,” ungkapnya.

Sebagai penulis Dr. M. L. Denny Tewu, SE., MM menjelaskan, bertolak dari keprihatinan akan kondisi sosial ekonomi daerah yang kurang berkembang meski potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah amat besar.

“Oleh karena itu, dengan menulis buku ini saya ingin mendorong pemerintah dan warga daerah untuk memanfaatkan potensi tersebut guna mengairahkan ekonomi daerah dengan cara mendirikan dan mengembangkan perusahaan tanpa ada batas akhir sehingga dapat menopang ekonomi daerah menuju kesejahteraan rakyat,” urainya.

Permintaan Denny, secara ringkas buku ini pun dapat menjadi pedoman bagi pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan iklim investasi yang berdampak pada membaiknya kinerja keuangan perusahaan daerah demi mendukung pembangunan daerah. Untuk mencapai hal tersebut Denny berharap pemerintah daerah harus berperan sebagai motivator yang mendorong manajemen perusahaan daerah untuk meningkatkan kinerja melalui strategi manajemen keuangan yang kreatif dan inovatif. Dengan demikian perusahaan daerah dapat meraih keuntungan dan akhirnya dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat daerah khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Semoga apa yang menjadi obsesi saya ini menjadi masukan oleh para pimpinan untuk melakukan yang terbaik untuk kepentingan Bangsa dan Negara kita,” tandasnya.

Sedangkan Prof. Ir. Roy H. Sembel, MBA, Ph.D Guru Besar Ekonomi Keuangan Dalam dan Luar Negeri, sebagai pengulas menguraikan, buku ini sangat relefan untuk dibaca agar pesan ini bisa sampai ke daerah-daerah melalui isi buku ini. Karena menurut Roy, isi buku ini Berisi bagaimana potensi sumber daya di daerah dapat dikembangkan lebih baik lagi, walaupun tentunya ada juga hambatan yang dihadapi. Salah satu penyelesaian hambatan yang didapatkan dari buku ini misalkan bagaimana Strategi pemerintah daerah meningkatkan kualitas sumber dayanya, bagaimana untuk mendapatkan dana, dan lainnya yang harus dikembangkan lebih lanjut.

“Jadi benar-benar ini harus secara komprehensif ditekankan dimulai dari orangnya, organisasinya, dan teknologi yang di aplikasikan, produk jasa yang ditawarkan, semuanya memang harus dikembangkan sehingga menghasilkan profit yang benar-benar bermanfaat baik bagi daerah maupun bagi Negara,” tutupnya. (Parulian)

Memberikan Kontribusi Besar Terhadap Pembangunan Bangsa dan Negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *