Opsih Dinas DLH Kabupaten Bogor, PSDA Kali Baru Bojong Gede

Opsih Dinas DLH Kabupaten Bogor, PSDA Kali Baru Bojong Gede

Bojong Gede, rakyatbicara.co.id – Operasi bersih sampah dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Bogor dan Unit Pelayanan Tehnik Daerah Pengelolaan sumberdaya air Wilayah Sungai (UPTD PSDA) Propinsi melakukan pengangkatan serta pengangangutan sampah yang menyumbat dan berakibat tersendatnya aliran air pada sungai kali baru Bojong gede kecamatan Bojonggede. Minggu 16 Oktober 2022.

Opsih Dinas DLH Kabupaten Bogor, PSDA Kali Baru Bojong Gede
“Opsih Dinas DLH Kabupaten Bogor, PSDA Kali Baru Bojong Gede” | rakyatbicara.co.id | Roni BaronĀ 

Dalam operasi bersih ini dinas lingkungan hidup sebanyak 30-50 personil pasukan orenge dan PSDA serta 5 aramada (truck) pengangkut sampah.

Menurut informasi yang di himpun dari beberapa warga sekitar opsih ini sudah beberapa kali dilakukan, namun tidak sampai beberapa bulan sampah kembali menumpuk dan menyumbat pada badan jembatan. Perumahan Villa Asia Kampung Sawah Bojong gede RT 002/07 dan RT 002/06.

“Ini kayaknya dulu pernah dibersihin, tapi gak lama numpuk lagi pak, makanya setiap turun ujan bapak – bapak disini udah siap-siap, kemaren aja banjir waktu ujan gede,” ujar seorang ibu yang enggan disebutkan namanya.

Sementara pihak DLH yang diwakili oleh pejabat pelaksana tehnis kegiatan (PPTK) Asep Syahbudin pada rakyat bicara mengatakan,” hari ini kita melakukan operasi bersih sampah di kali baru Bojong gede, untuk kegiatan ini kita menurunkan sebanyak 50 orang personil dan 5 aramada truck pengangkut sampah,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama kepala dusun II (Kadus) Ali Adam menyampaikan,” Alhamdulillah setelah kita berkoordinasi dengan RT,RW dan berkirim surat kepada dinas DLH, kita sangat apresiasi atas respon dinas terkait, apalagi setelah terjadi banjir beberapa waktu yang lalu hari ini dilakukan opsih, dan kedepannya kita akan membahas ini lagi untuk menormalisasi Kembali sungai ini.” ucapnya.

“Karena beberapa tahun yang lalu kita pernah lakukan dan Alhamdulillah sekitar 6 tahun tidak terjadi banjir dan kita juga selalu mengedukasi warga masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang, walaupun saya sangat yakin ini ini bukan sampah warga kita melainkan sampah kiriman dari hulu sungai atau kali ini. Untuk itu juga saya sudah berkoordinasi juga dengan beberapa wilayah di Kecamatan Bojonggede ini dan insya Alloh jika dananya sudah ada akan segera kita realisasikan,” pungkas Ali Adam.

Karena terkendala beberapa hal dan hari libur, oleh karenanya opsih akan dilanjutkan Senin 16 Oktober 2022. Namun demikian sampah akan di angkat dari badan sungai dan sementara akan di tempatkan di sisi sungai dan dilakukan pengangkutan dan di bawa pada Tempat penampungan akhir (TPA) Galuga.(Roni Baron)

Opsih Dinas DLH Kabupaten Bogor, PSDA Kali Baru Bojong Gede

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *