Inilah Cara Petani Lampung Timur Atasi Hama Tikus Sawah

Inilah Cara Petani Lampung Timur Atasi Hama Tikus Sawah

Lampung Timur, rakyatbicara.co.id – Tampak berjejer rumah burung hantu di hamparan sawah milik masyarakat warga Desa Taman Asri Kecamatan Purbolinggo saat melintas di Jalan Raya Purbolinggo – Raman Utara.

Rumah burung hantu berukuran kecil itu dengan ketinggian sekitar lima meter dibuat bertujuan agar menjadi sarang burung hantu guna memberantas wabah hama tikus sawah.

“Ini bangunan rumah burung hantu tujuannya untuk memberantas hama tikus di sawah, tapi belum dirasakan manfaatnya karena baru dibuat sekitar tiga bulan ini,” kata seorang petani warga Desa Taman Asri saat dijumpai di area sawahnya yang ditanami ubi kayu dan enggan disebutkan identitasnya.

“Yang sudah banyak rumah burung hantunya di Desa Tegal Gondo sebab disana dibuat duluan sudah ada kira-kira tiga tahunan,” ungkapnya diamini dua orang warga lainnya.

Menurut penuturan Soirin (72) warga Desa Tegal Gondo Kecamatan Purbolinggo sejak dibuat rumah burung hantu hama tikus dilahan sawahnya telah berkurang.

“Lumayan pak, sejak ada rumah burung hantu hama tikus di sawah saya sudah agak mendingan berkurang daripada sebelumnya,” tutur Sairin yang ditemui saat menuntun sepeda ontelnya hendak mengambil rumput untuk makanan sapi ternak peliharaannya.

“Setiap dua hektar lahan sawah dikasih satu rumah burung hantu, kalau dibuat sudah ada sekitar tiga tahun ini, tapi kalau didekati burung hantunya terbang,” ujar kakek yang tidak bersedia untuk di photo.

Sehubungan sedang musim kemarau sehingga tidak tersedia air melalui saluran irigasi, untuk sementara lahan sawah milik para petani ditanami ubi kayu atau singkong dan jagung.

(Ropian Kunang)

Inilah Cara Petani Lampung Timur Atasi Hama Tikus Sawah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *