Ketua KKM 1 Cibinong Diduga Lakukan Pungli Dana Bos dan Dana Sertifikasi

Ketua KKM 1 Cibinong Diduga Lakukan Pungli Dana Bos dan Dana Sertifikasi

Cibinong, rakyatbicara.co.id – Kredibilitas salah satu Forum Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI)  wilayah Kecamatan Cibinong dipertanyakan. Pasalnya salah satu oknum Pimpinan forum inisial (Z) diduga melakukan Pungutan Liar (Pungli).

Sebelumnya, kegiatan Pungli ini sudah sangat meresahkan di kalangan murid Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang masuk dalam forum KKMI 1, dimana sejumlah Dana Bantuan Pemerintah harus di potong dengan nominal tak wajar serta tampa alasan yang jelas.

Dari penelusuran rakyatbicara.co.id Senin (26/12/2022) sejumlah sumber (X) membeberkan nominal angka yang di potong. Mulai dari dana Sertifikasi Reguler dan Sertifikasi Infansing.

Tak hanya itu, Dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) dan Kegiatan Kemah Pramuka juga wajib di potong untuk setiap siswa penerima dengan nominal Rp.1500/Siswa untuk BOS. Sedangkan kegiatan Kemah Pramuka di potong sebesar Rp.5000/siswa.

“Kita gak tau apa kah itu termasuk pungli apa bukan, tapi yang pasti kami diwajibkan setiap dana bos turun atau cair kami harus mengkondisikan Rp.1500/siswa dan itu kami setorkan pada pengurus KKMl, belum lagi jika ada kegiatan kepramukaan lebih besar lagi mereka minta rp.5000/siswa,” Ungkap salah satu Sumber.

Berbeda dengan nominal angka yang di potong untuk dana Sertifikasi Reguler dan Dana Sertifikasi Infasing.

Sumber menjelaskan nominal angka yang di potong hingga Rp.75.000/ Sertifikasi.

Namun, dari nominal angka yang di potong tak ada laporan pertanggung jawaban terkait pemotongan tersebut.

“Belum lagi pemotongan dana sertifikasi reguler dan dana sertifikasi infasing, untuk dana sertifikasi reguler dipotong sebesar Rp 50.000,00 sedangkan untuk dana sertifikasi infasing di potong sebesar Rp. 75000,00. Dan lebih mengherankan lagi dari dana itu semua kami tidak pernah di berikan laporan untuk apa saja dana tersebut,” ungkap sumber.

Di tempat berbeda, wartawan rakyatbicara.co.id mencoba mengklarifikasi dengan menghubungi dan menyambangi salah satu sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang diduga (Z) berada untuk mendapatkan klarifikasi. Namun yang diduga (Z) tak bisa di temui dan di hubungi.

Sampai berita ini di tayangkan, pihak terkait yang di duga Pungli belum memberikan keterangan terkait dugaan pungli terhadap dirinya.(Roni Baron)

Ketua KKM 1 Cibinong Diduga Lakukan Pungli Dana Bos dan Dana Sertifikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *