Pimpinan DPR temui Demonstran Kades, Tuntut Revisi UU Desa di Depan DPR RI

Pimpinan DPR temui Demonstran Kades, Tuntut Revisi UU Desa di Depan DPR RI

Jakarta, rakyatbicara.co.id – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menemui massa pengunjuk rasa yang berasal dari para perangkat desa se-Indonesia, di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Dalam aspirasinya, para perangkat ke desa menuntut revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Beberapa tuntutannya adalah terkait dengan masa jabatan kepala desa, moratorium pemilihan kepala desa, pejabat pelaksana yang ditugaskan, hingga permasalahan dana desa.

“Untuk merevisi Undang-Undang Nomor 6 mengenai poin penambahan (masa jabatan) menjadi sembilan tahun tanpa periodisasi, tadi sudah saya sampaikan bahwa untuk revisi (undang-undang) itu ada dua yang berkompeten, yaitu pemerintah dan DPR. Oleh karena itu, mereka juga saya minta untuk melakukan lobi ke pemerintah,” ujar Dasco di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, (17/1/2022).

Ia juga menyebut DPR telah memberikan fasilitas bagi perwakilan perangkat kepala desa untuk bertemu dengan Baleg DPR RI membahas tuntutan revisi UU Desa. Diketahui, pertemuan perwakilan perangkat desa dengan Baleg DPR RI itu telah berlangsung di hari yang sama pasca melakukan unjuk rasa di depan Gedung DPR tersebut.

Sementara itu, Advokat Muda KARIMU, Edwar Kelvin berikan komentarnya. “Andai kata presiden dan legislator dibuat 9 tahun tanpa periodesisasi apakah mereka mau terima ? Jabatan kepala desa itu masuk dalam jabatan politis karena melalui pemilihan lamgsung oleh masyarakat, perlu dibatasi guna menghindari abuse of power dan kekuasaan yang bersifat otoritarianisme, jadi fungsi Check and Balances dari pengawas desa dan masyarakat bisa terlaksana dengan baik.

Kalau masih layak kan bisa dipilih lagi untuk periode berikutnya, atau karena biaya Pemilihan kepdes nya mahal? Berarti regulasi dan pengawasan saja diperketat,” Ujar Kelvin.***

Pimpinan DPR temui Demonstran Kades, Tuntut Revisi UU Desa di Depan DPR RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *