Sosialisasi Dan Pelatihan Bola Tangan PGRI Cibinong

oleh -104 Dilihat
oleh
Sosialisasi Dan Pelatihan Bola Tangan PGRI Cibinong
banner 468x60

Sosialisasi Dan Pelatihan Bola Tangan PGRI Cibinong

Cibinong, rakyatbicara.co.id – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) cabang Cibinong melalui Seksi Bidang (Sekbid) olahraga mengadakan dan atau menggelar sosialisasi sekaligus pelatihan teori dan praktek olahraga cabang bola tangan atau hand ball, dimana kegiatan ini dihadiri oleh guru olahraga pada tingkat sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas serta kejuruan (SD, SMP, SMA dan SMK) Se- Kecamatan Cibinong. Sabtu 11 Maret 2023.

banner 336x280

Kegiatan sosialisasi bola tangan atau hand ball ini yang pertama kali diadakan oleh PGRI Cabang Cibinong, bertempat dan berlangsung di aula gedung serta lapangan olahraga sekolah menengah pertama (SMP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cibinong.

Cabang olahraga bola tangan ini belum populer seperti cabang olahraga yang lain meskipun sudah di pertandingkan dalam beberapa event besar. Dan permainan bola tangan ini merupakan gabungan dari tiga unsur cabang olahraga seperti, basket, futsal dan volly ball dan setiap tim ada tujuh pemain termasuk penjaga gawang. Selain itu ada tiga (3) macam jenis bola tangan, yaitu bola satu (1) untuk SD, bola dua (2) untuk tingkat SMP putra/putri serta putri tingkat SMA serta bola ketiga (3) untuk putra tingkat SMA sederajat, dengan ukuran bola yang berbeda.

Sosialisasi Dan Pelatihan Bola Tangan PGRI Cibinong

Sosialisasi sekaligus pelatihan teori dan praktek bola tangan ini di sampaikan langsung oleh tiga (3) narasumber yaitu, Lucky Dwi Setiansyah, Dipa Nugra Pratama, Satria Anggara, Adnan Adaan yang merupakan Wasit Kabupaten Bogor Jawa Barat yang juga atlit peraih medali emas pada cabang bola tangan.

Dalam sambutannya ketua PGRI Cabang Cibinong Tatang Rasmana menyampaikan, “Alhamdulillah hari ini kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat, dan terima kasih atas kehadiran rekan-rekan semua khususnya guru olahraga. Dan terimakasih juga terutama untuk Kepala Sekolah SMP PGRI sudah memfasilitasi kegiatan ini serta rekan-rekan dari ABTI, selaku wasit, pelatih yang akan memberikan informasi atau pengetahuan dasar-dasar dan peraturan cabang olahraga hand ball atau bola tangan ini.” Ujarnya.

“Dan kita semua berharap kegiatan ini bisa berlanjut hingga dapat melahir peserta didik di sekolah masing-masing. Untuk itu saya berharap ikuti kegiatan ini sampai tuntas. Dan saya juga sangat berharap cabang olahraga ini akan masuk dalam kurikulum tingkat sekolah dasar, ini akan kita bahas melalui ketua ABTI karena beliau selaku pengurus Kabupaten Bogor dan juga anggota DPRD.” terang Tatang.

Pada kesempatan yang sama Irman Nurcahyan. S.E selaku pengurus cabang Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor mengapresiasi kegiatan tersebut. Ini di sampaikan nya dalam sambutannya, “Alhamdulillah saya sangat mengapresiasi kegiatan ini yang di inisiasi PGRI Cabang Cibinong, ini yang pertama kali diadakan, untuk itu saya berjanji seperti apa yang disampaikan oleh ketua PGRI Cibinong agar cabang Bola Tangan ini dapat di masukan kedalam kurikulum tingkat sekolah dasar,” ucap Irman.

Di tambahkan olehnya, “Kabupaten Bogor sesungguhnya sudah berprestasi dalam dalam bola tangan ini. Seperti adik-adik kita yang sekarang hadir di sini untuk berbagi ilmu kepada bapak dan ibu guru. Dan semoga cabang olahraga ini dapat lebih berkembang dan berprestasi lagi kedepannya.”

Kegiatan sosialisasi ini juga mendapat apresiasi dari peserta pelatihan dan berharap setelah kegiatan ini akan berlanjut dengan kegiatan – kegiatan seperti menggelar turnamen bola tangan kedepannya.

Sosialisasi dan pelatihan cabang olahraga hand ball ini juga di hadiri ketua harian BAPOSI Kecamatan Cibinong Yudi Ardian Permana ketua Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) Kecamatan Cibinong Ujang Sutawijaya. S.Pd.

(Roni Baron)

Sosialisasi Dan Pelatihan Bola Tangan PGRI Cibinong

banner 336x280