,

Beragam Tanggapan Masyarakat Terkait Rencana Pembangunan Jalan Tol di Puncak

oleh -402 Dilihat
oleh
Beragam Tanggapan Masyarakat Terkait Rencana Pembangunan Jalan Tol di Puncak
banner 468x60

Cisarua, rakyatbicara.co.id – Rencana pembangunan jalan tol di jalur Kecamatan Caringin hingga Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, mendapat beragam tanggapan dari masyarakat. Rencana ini saat ini sedang dibahas oleh Pemerintah Pusat sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan di Jalur Puncak.

“Yang penting, setiap pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah harus memberikan manfaat bagi masyarakat dan memperhatikan lingkungan. Kepedulian terhadap lingkungan harus diutamakan, jangan hanya fokus pada pembangunan semata tanpa memperhatikan dampak lingkungan,” ungkap tokoh masyarakat Puncak, Abah Yudi.

banner 336x280

Ia menjelaskan bahwa wilayah Bogor, Puncak, Cianjur (Bopuncur) memiliki peranan penting sebagai resapan air dan memiliki banyak hutan lindung, cagar alam, dan situs-situs yang perlu dijaga. Keberlanjutan lingkungan harus menjadi prioritas.

“Satu hal yang sangat penting adalah hak-hak masyarakat harus diutamakan, termasuk penggantian lahan yang dimiliki oleh masyarakat. Jangan sampai terjadi pembangunan berjalan tetapi hak-hak masyarakat diabaikan,” tambahnya.

Abah Yudi menilai bahwa pembangunan jalan tol perlu dilakukan untuk memperlancar transportasi di Jalur Puncak, namun langkah-langkah yang sesuai dengan prosedur harus diikuti, baik untuk masyarakat yang terdampak maupun untuk kepentingan bersama.

“Pembangunan jalan tol dilakukan untuk memudahkan transportasi di Jalur Bopuncur. Namun, kita juga harus menjaga lingkungan dan melakukan pemeliharaan resapan air di kawasan Puncak agar lingkungan tetap terjaga,” ujarnya.

Ia juga meminta agar dalam pembangunan jalan tol, pemerintah juga melakukan penanaman pohon yang sebanding dengan pohon yang telah rusak, sehingga lingkungan tetap terjaga.

“Pembangunan harus memperhatikan faktor lingkungan, tidak hanya membangun jalan tol tanpa melakukan penghijauan yang memadai. Pengembalian lingkungan di jalur jalan harus dilakukan jika terjadi kerusakan lingkungan,” tutupnya.

 

Beragam Tanggapan Masyarakat Terkait Rencana Pembangunan Jalan Tol di Puncak

banner 336x280